DPR Serahkan 3 Ribu Masker Medis, Seribu Rapid Test, Obat-obatan dan Buku Panduan

  • Whatsapp
SATGAS LAWAN COVID-19 DPR RI
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin menyampaikan keterangannya dalam proses penyaluran sumbangan di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Deputi Penerangan Masyarakat Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Arteria Dahlan menyampaikan bahwa kedatangan para anggota dan pimpinan DPR RI di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta hari ini adalah dalam rangka melakukan peninjauan langsung tentang kondisi perkembangan dan pelayanan medis di Rumah Sakit Darurat Covid-19 itu.

“Kedatangan Satgas bertujuan untuk melihat keadaan di lapangan secara langsung dan kondisi obyektif pelayanan kesehatan di RSD tersebut,” kata Arteria dalam siaran persnya yang diterima Inisiatifnews.com, Selasa (14/4/2020).

Bacaan Lainnya

Selain itu, mereka juga sekaligus menyalurkan bantuan untuk tim medis berupa Alat Pelindung Diri (APD) yang bisa menjadi pelengkap perlindungan bagi petugas kesehatan yang menangani pasien Covid-19.

“Satgas memberikan bantuan alat medis berupa APD ; 3.000 masker medis, 1.000 alat rapid test, dan Buku Panduan Otoritas Pemerintah Tiongkok terkait Protap Penanganan Corona,” jelasnya.

Selain kepada tim medis, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI juga menyalurkan obat-obatan dan suplemen bagi pasien yang terjangkit virus corona. Diharapkan dengan obat dan suplemen yang disalurkan itu, setidaknya imunitas tubuh para pasien dapat meningkat dan terjaga dengan baik.

“Satgas juga obat-obatan medis dan herbal terkait indikasi pasien yg memiliki gejala batuk dan sesak napas, diare dan mual, serta obat herbal yang direbus dengan kegunaan melawan virus dan memperkuat antibodi,” imbuhnya.

Dan terhadap seluruh tim medis yang berjuang mengatasi pasien Covid-19 agar segera pulih, Arteria menyebut bahwa DPR sangat mengapresiasi kerja keras mereka.

“Satgas memberikan apresiasi yang luar biasa terkait kerja hebat, kerja keras para dokter dan petugas medis yang saat ini melayani 581 pasien rawat inap di RSD Wisma Atlet yang kemungkinan besar dapat terus bertambah,” ucapnya.

Satgas juga sangat memperhatikan kesehatan dokter dan petugas medis yang bertugas dan memastikan terpenuhinya asupan nutrisi makanan, APD, alat kebutuhan medis lainnya termasuk fasilitas penginapan. Bagi Arteria, DPR sangat memperhatikan semua itu dan ingin memastikan ketersediaan kebutuhan yang sesuai dengan standar yang ada.

“Agar tersedia sesuai dengan protokol kesehatan yang disyaratkan serta hal-hal lain yang dibutuhkan oleh RSD maupun Para Dokter serta petugas medis,” tambahnya.

Selain itu, politisi PDI Perjuangan ini pun menyatakan, bahwa DPR melalui Satgas Lawan Covid-19 juga akan senantiasa bekerja sama dengan Pemerintah dan instansi yang ada untuk memastikan bahwa standar rumah sakit darurat juga tetap dijaga, baik dari sisi kebutuhan perlengkapan, obat-obatan hingga pelayanan medis yang ada.

“Satgas juga akan bekerjasama dengan Kementrian PUPR, terkait kebutuhan oksigen sentral pada setiap ruangan ICU di Tower 7 dan mempercepat selesainya Tower 6 agar dapat difungsikan sebagai layaknya fasilitas dengan standar rumah sakit, serta mempercepat persiapan tower 4 dan 5 sebagai supporting Tower 6 (Rumah Sakit), yang pada akhirnya diharapkan semua tower dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai upaya antisipasi dan mitigasi tatkala adanya ledakan pasien pasca arus mudik, termasuk di dalam melakukan penyesuaian daya listrik dikarenakan akan banyak masuknya peralatan-peralatan medis yang membutuhkan daya listrik tinggi, melakukan perbaikan lift, perbaikan alur masuk pasien dan alur keluar masuk ambulance agar pelayanan dapat lebih efektif,” paparnya.

Selain Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Satgas Lawan Covid-19 juga bertandang ke Rumah Sakit Amanda Cikarang. Di sana, DPR juga memberikan bantuan APD.

“Satgas meneruskan kunjungan untuk memberikan bantuan ke RS Amanda Cikarang berupa baju APD 150 pcs, 500 pcs masker dedis dan 100 pcs Rapid Test. Penyerahan diberikan secara langsung oleh Satgas Daerah Lawan Covid-19 Provinsi Jawa Barat,” tutupnya.

Dalam kegiatan itu, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dipimpin langsung oleh Koordinator Satgas Sufmi Dasco Ahmad. Ia didampingi oleh anggota dewan pengawas Azis Samsuddin, wakil koordinator Ahmad Sahroni dan beberapa anggota Satgas seperti Arteria Dahlan, Melkiades Lakalena, Habiburokhman, Wihadi Wiyanto, Sari Yuliati, Fauzi Amro dan M. Nabil Haroen. [NOE]

Pos terkait