Hikam Apresiasi Presiden Jokowi Resmi Larang Mudik Tahun Ini

  • Whatsapp
Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat tinjau arus mudik 2019 di Stasiun Senen Jakarta Pusat. [foto : Biro Pers Istana Kepresidenan]

Inisiatifnews.com – Pengamat politik dari Universitas Presiden, Muhammad AS Hikam menilai bahwa pasti ada pihak yang kurang sepakat dengan keputusan Presiden Joko Widodo terkait larangan mudik di tahun 2020 ini.

“Mungkin saja masih ada pihak-pihak yang kurang sreg dengan larangan mudik oleh Pak Jokowi,” kata Hikam, Selasa (21/4/2020).

Bacaan Lainnya

Baginya tak masalah. Hal ini lantaran larangan mudik di tahun ini juga bisa memberikan dampak positif bagi upaya Pemerintah Indonesia menghambat penyebaran virus Korona yang tengah mewabah.

“Tapi itu keputusan yang lebih baik sebagai salah satu upaya membatasi peluang penularan COVID-19. Salut,” tegasnya.

Perlu diketahui, bahwa Presiden Joko Widodo akhirnya menyatakan, bahwa pemerintah memutuskan untuk melarang mudik semua kalangan.

Larangan itu sebelumnya hanya untuk anggota TNI dan Polri, ASN dan pegawai BUMN.

Dengan demikian, maka untuk mudik yang biasa dilakukan setiap tahun jelang Lebaran Idul Fitri, untuk tahun 2020 ini sudah tidak bisa lagi dilakukan oleh masyarakat seluruh kalangan.

“Pada rapat hari ini, saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang,” kata Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet terbatas, Selasa 21 April 2020. [NOE]

Pos terkait