BPIP Ajak Masyarakat Antisipasi Krisis Pangan di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
Antonius Benny Susetyo
Romo Antonius Benny Susetyo.

Inisiatifnews.com – Memanfaatkan lahan kosong untuk bertanam merupakan salah satu antisipasi jitu untuk mengatasi kekurangan pangan di masa pandemi Corona Covid-19.

Hal ini dijelaskan oleh Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo. Menurut Romo Benny, ini bertujuan untuk mengantisipasi krisis pangan akibat dampak virus corona.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini dunia belum menemukan vaksin virus Corona. Dan dalam situasi ketidakpastian global akan mempengaruhi kehidupan ekonomi dunia maka perlu antisipasi untuk mengatasi krisis ekonomi termasuk krisis pangan,” ujar Romo Benny dalam keterangannya kepada Inisiatifnews.com, Minggu (26/04/2020).

Romo Benny menjelaskan, bangsa Indonesia memiliki modal sosial dan budaya sangat kuat untuk menggerakan kesadaran bersama dalam melakukan gerakan ini.

“Bangsa Indonesia adalah negara dengan modal sosial dan budaya yang kuat dalam bahu membahu, gotong royong melakukan gerakan menanam ini demi kesejahteraan bersama,” yakinnya.

Aksi gerakan menanam ini juga mudah dilakukan. Yakni cukup dengan memanfaatkan bahan bekas seperti botol bekas, kaleng, dan dipadukan dengan sistem hidroponik.

“Gerakan yang sederhana ini sangat mudah dilakukan oleh semua kalangan masyarakat dan dampaknya luar biasa untuk antisipasi krisis global,” terang Rohaniawan Katolik ini.

Kekuatan suatu bangsa dalam mengatasi krisis ketahanan pangan saat ini mengingatkan kembali cita-cita Bung Karno untuk berdaulat bidang ekonomi.

“Sehingga dapat ditumbuhkan harapan dalam sanubari bangsa ini, gerakkan gotong royong menjadi cara berpikir, bertindak, berelasi dalam mengatasi pandemi Corona Covid-19,” pungkasnya. (FMB)

Pos terkait