Polisi Perketat Pencegahan Potensi Bisnis Penyelundupan Pemudik

  • Whatsapp
IMG 20200430 WA0014
Check Point Kota Bandung, Jawa Barat.

Inisiatifnews.com – Di tengah larangan mudik saat situasi wabah Covid-19 seperti saat ini, apalagi di tengah momentum bulan suci Ramadhan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri 1441 H, banyak sekali masyarakat perantau yang memaksakan ingin bisa pulang ke kampung halaman mereka masing-masing. Apalagi mudik di Indonesia adalah sebuah rutinitas yang dilakukan masyarakat saat Hari Raya.

Situasi ini diduga kuat terjadi praktik terselubung bisnis penyelundupan pemudik dalam perjalanan angkutan ke luar daerah. Menyikapi hal itu, Polri tengah menyelidiki kabar mengenai hal itu.

Bacaan Lainnya

Ada beberapa pelaku jasa transportasi khususnya travel yang menawarkan jasa mengantar pemudik di media sosial. Sontak, Mabes Polri menyatakan akan segera melakukan penelusuran terkait dengan kabar tersebut.

“Ya kami lakukan penyelidikan akan kebenaran hal tersebut,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Rabu (29/4/2020).

Kabar ini pun, kata Argo, akan disampaikan kepada anggota di lapangan. Informasi ini akan disampaikan untuk dapat diantisipasi.

“Kemudian disampaikan ke anggota yang bertugas di lapangan, supaya modus-modus ini bisa kami antisipasi,” tandasnya.

Salah satu pengguna Facebook secara terang-terangan menawarkan jasa mengantar pemudik di beberapa grup Facebook. Bahkan dengan bangganya salah satu pengguna Facebook yang menawarkan jasa mengantar pemudik itu menulis, ‘siap menerobos blokade jalan buat antar njenengan (Anda) sampai tujuan dengan aman dan nyaman’. []


Pos terkait