DPR Sebut Penunjukan Boy Rafli Sebagai Kepala BNPT Sudah Sesuai

  • Whatsapp
Arteria Dahlan
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan menilai bahwa tidak ada yang salah dalam penunjukan Boy Rafli Aman sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Menurut Arteria, penunjukkan itu sudah tepat dan tidak perlu dijadikan polemik lagi, apalagi Neta S Pane dari IPW menuding jika penunjukan Boy bermasalah secara administrasi.

Bacaan Lainnya

“Ingat Boy Rafli itu irjen dan masih polisi aktif, sehingga demi hukum terbit kewenangan Kapolri,” kata Arteria kepada wartawan, Minggu (3/5/2020).

“Tidak ada masalah, penunjukan Kepala BNPT dalam proses mutasi di tubuh Polri sesuai dengan prosedur dan UU in casu UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia,” imbuhnya.

Agar tidak menjadi polemik berkepanjangan, politikus PDIP itu meminta publik dapat membedakan antara Telegram Rahasia (TR) kapolri dengan Keppres pengangkatan dan pemberhentian Kepala BNPT yang ditandatangani oleh Presiden. Menurutnya dua hal tersebut merupakan sesuatu yang berbeda.

“Sekali lagi mohon dibedakan ya antara TR yang dikeluarkan Kapolri dengan Keppres pengangkatan dan pemberhentian Kepala BNPT yang ditandatangani oleh presiden. Yang terjadi saat ini adalah Kapolri menunjuk Boy Rafli sebagai Kepala BNPT setelah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo,” kata Artria.

Ia berkeyakinan, sebagai Kapolri, Idham Azis sudah memiliki pertimbangan mengapa harus Boy Rafl Amar yang ditunjuk sebagai Kepala BNPT. Ia juga berujar, bahwa Idham yang merupakan pimpinan tertinggi di Kepolisian pasti sudah hafal bagaimana prosedur penunjukkan tersebut.

“Bang Idham itu jenderal bintang 4 dan polisi pintar, sudah khatam untuk urusan administrasi manajemen dalam tubuh Polri. Utamanya lagi dia itu pagar hidupnya Pak Jokowi. Pastinya sendiko dawuh dan sangat loyal dengan Pak Jokowi. Beliau sadar betul posisi beliau sebagai kapolri hanya mengusulkan tapi pengangkatannya merupakan kewenangan presiden,” kata dia.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait