Rizal Ramli : Jangan Jadikan Alasan Pandemik Korona Penyebab Utama Anjloknya Ekonomi

  • Whatsapp
rizal ramli
Rizal Ramli saat berbincang-bincang dengan pengurus Poros Wartawan Jakarta (PWJ) di Puncak, Bogor, Jawa Barat. [foto : Istimewa]

Jakarta, Inisiatifnews.com – Ekonom senior, Rizal Ramli, mengingatkan tim ekonomi pemerintah untuk tidak menjadikan alasan pandemik virus korona atau Covid-19 menjadi penyebab anjloknya pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-2020 yang tercatat hanya 2,97%.

“Ini semua bukan hanya karena kasus korona. Karena sebelum adanya pandemik korona berbagai indikator makro ekonomi Indonesia sudah merosot, baik dari neraca perdagangan, current account deficit, primary balance budget, dan sebagainya. Mumpung karena ada korona, maka yang disalahkan semuanya korona. Padahal tanpa korona, ekonomi Indonesia sudah terus merosot,” kata Rizal Ramli dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020).

Bacaan Lainnya

Meski demikian, Rizal Ramli mengakui bahwa dampak dari pandemik virus korona memang menambah parah kondisi perekonomian. Namun, sambung Rizal Ramli, bila sedari awal pemerintah merespon hal itu dengan cepat dan mengambil langkah-langkah lebih awal serta tidak berpura-pura mengatakan bahwa Indonesia tidak akan terkena, niscaya Indonesia akan keluar dari krisis lebih cepat.

“Virus korona terjadi pertengahan Desember dan kasus pertama di Indonesia sudah ada di bulan Januari berdasarkan Fakultas Kedokteran UI. Namun, pemerintah menolak terus dan mengatakan bahwa tidak ada, dan Indonesia kebal. Nah, inilah yang mengakibatkan kita kehilangan waktu yang sangat berharga, ketika 2,5 bulan pertama tidak melakukan respons yang signifikan,” ujarnya.

“Begitu diakui pada pertengahan Maret, barulah kita sadari, namun kita belum pada puncaknya pandemic berdasarkan para analis yang mengerti tentang ini,” imbuhnya.

Untuk memulihkan kembali perekonomian, Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu menyarankan pemerintah untuk lebih fokus menangani pandemik virus korona dan memprioritaskan anggaran yang ada untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

“Seandainya kita cepat bertindak dan memberikan respon yang benar, maka dampaknya di dalam bidang ekonomi seperti huruf ‘V’, yaitu, anjlok ke bawah dan akan naik lagi dengan cepat. Yang paling penting adalah fokus untuk menangani korona, yang lain-lain akan membaik dengan cepat seandainya korona terselesaikan,” pungkas Rizal Ramli. [REL]

Pos terkait