Presiden Jokowi : Tidak Mudik Cara Bijak Lindungi Keluarga dari Covid-19

  • Whatsapp
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo.

Inisiatifnews.com – Pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus mengupayakan agar mata rantai penyebaran Covid-19 benar-benar terputus sehingga kurva penyebaran tidak naik.

Salah satunya adalah dengan menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya mereka yang tengah merantau agar tidak mudik terlebih dahulu di momentum Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H atau 2020 Masehi ini.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Presiden Joko Widodo, pilihan untuk tidak mudik merupakan satu cara yang bisa ditempuh oleh masyarakat, setidaknya agar tidak ada penularan virus Korona kepada keluarga di kampung halaman.

“Tidak mudik adalah cara paling bijaksana untuk melindungi keluarga di kampung,” kata Presiden Joko Widodo, Sabtu (9/5/2020).

Ia mengajak agar masyarakat bisa berkorban sedikit untuk menahan kerinduan dengan sanak saudara di kampung halaman demi sesuatu yang lebih besar lagi.

“Dengan bersabar menahan rindu di perantauan, kita telah mengambil peran dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19,” tuturnya.

Bagi Presiden, menunda mudik di tengah pandemi Covid-19 adalah wujud dari kasih sayang yang bisa diberikan kepada keluarga.

“Kita tidak mudik karena kita sayang kepada keluarga,” imbuhnya.

Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan, bahwa untuk data tahun 2019 saja, tercatat ada 19,5 juta orang melakukan perjalanan mudik ke seluruh daerah di Indonesia. Dan dengan jumlah pemudik tahun itu saja, potensi penyebaran Covid-19 akan sangat masif jika kran mudik tetap dibuka di situasi bencana non-alam seperti saat ini.

Sementara itu, pemerintah daerah yang berkolaborasi dengan pemerintah pusat telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan pelibatan aparat keamanan baik TNI, Polri, Dinas Perhubungan hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), pemerintah mengupayakan agar tidak ada mobilisasi masyarakat lintas daerah khususnya wilayah dengan status zona merah Covid-19.

Sebagai salah satu upaya agar tetap bisa terhubung dengan sanak saudara di kampung halaman, masyarakat bisa menerapkan pola physical distancing dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada. [RED]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait