Imbau Salat Di Rumah Saja

Menag: Meski Pandemi, Idul Fitri Harus Disambut Suka Cita

Fachrul Razi
Menteri Agama RI, Jenderal (purn) TNI Fachrul Razi.

Inisiatifnews.com Hari Raya Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Idul Fitri 1441 Hijriah berlangsung bersamaan dengan pandemi Corona Covid-19.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengajak umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri di rumah saja. Tidak seperti biasanya yang berlangsung secara berjamaah di Masjid maupun di lapangan.

Bacaan Lainnya

“Saya imbau umat Islam menjalankan salat Idul Fitri di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan Covid-19,” imbau Menag Fachrul kepada wartawan di Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Menag berharap pandemi yang telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sejak Maret 2020 ini segera berakhir dan kehidupan kembali normal, baik di Indonesia maupun dunia. 

Meskipun di tengah pandemi, Menag meminta umat Islam tetap menjalankan ibadah yang dikerjakan setahun sekali tersebut di rumah.

“Usahakan salat Idul Fitri jangan ditinggalkan. Tapi diselenggarakan bersama keluarga di rumah sesuai teladan Rasulullah SAW yang tidak pernah meninggalkan shalat Idul Fitri,” imbau Menag.

Menag juga mendesak para ulama, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) memberikan penjelasan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang hukum fikih Islam dan tata cara shalat Idul Fitri yang merupakan sunnah muakkadah, atau sunnah Rasul yang sangat dianjurkan.

Tak lupa, Menag Fachrul mengajak masyarakat menyambut Idul Fitri 1441 H dengan suka-cita. Sebab hari ini adalah hari kemenangan dan hari kembalinya umat Islam ke fitrah yang suci.

“Mari juga berbagi kepedulian kepada yang memerlukan agar mereka juga dapat berlebaran seperti kita semua. Pandemi Covid-19 tidak boleh mengurangi kebahagiaan dan kegembiraan kita dalam menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah. Taqobalallahu minna wa minkum. Semoga Allah menerima amal kita semua,” doa Menag. (FMM)

Pos terkait