MUI Sarankan Usai Salat Id Tak Ada Jabat Tangan & Berkunjung ke Sanak Famili

  • Whatsapp
anwar abbas
Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Pusat, KH Anwar Abbas.

Inisiatifnews.com – Idul Fitri 1441 Hijriah kali ini berlangsung di tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Masyarakat diimbau jaga jarak untuk mencegah penyebaran virus yang berlangsung secara global ini.

Selain mengimbau Salat Idul Fitri di rumah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan tak ada salaman dan berkunjung ke sanak family setelah Salat Id.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, anjangsana antar keluarga dan tetangga bagi masyarakat muslim Indonesia wajib dilakukan setiap Hari Raya untuk silaturahmi dan saling bermaafan.

“Dalam masa Covid-19 ini, kita tentu dianjurkan untuk tidak melakukannya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan berupa penyebaran dan penularan dari virus Corona. Karena salah satu cara penyebaran virus ini yang paling efektif adalah melalui salaman. Selepas Salat Id hendaknya tidak berjabat tangan,” saran Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (16/5).

Anwar pun mengimbau masyarakat tidak berkunjung ke rumah keluarga ataupun kerabat untuk silaturahmi dan saling memaafkan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, dia menilai, kegiatan silaturahmi secara langsung ini dikhawatirkan menjadi sarana penyebaran Virus Corona Covid-19.

“Kita juga mengimbau, masyarakat tidak melakukan acara kunjung-mengunjungi seusai salat Idul Fitri. Seperti yang biasa kita lakukan tahun sebelumnya. Karena melakukan hal itu dalam masa pendemi ini berisiko penularan virus,” pungkasnya. (INI)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait