Pemerintah Targetkan 9 Juta Orang Terima Bantuan Covid-19

Menko PMK, Muhadjir Effendy.

Inisiatifnews.com Pemerintah pusat masih fokus untuk memastikan pasokan bangan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan di tengah wabah Covid-19 terpenuhi. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Dalam konferensi pers usai melakukan kegiatan rapat terbatas bersama dengan Presiden, Muhadjir menyebutkan bahwa untuk 5 hari ke depan khususnya menjelang momentum Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, bantuan sosial yang disiapkan pemerintah pusat kepda rakyat akan tersalurkan.

Bacaan Lainnya

“Insya Allah 5 hari terakhir jelang Lebaran akan dilakukan penyaluran bansos besar-besaran dari target,” kata Muhadjir Effendy, Senin (18/5/2020).

Muhadjir mengemukakan mayoritas bantuan sosial tidak hanya diberikan kepada wilayah besar, melainkan juga di daerah remote area. Sementara terkait dengan anggaran, Muhadjir mengemukakan bahwa pemerintah sejauh ini tidak ada masalah.

Apalagi kata Muhadjir, pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial tengah menargetkan akan ada 9 juta masyarakat akan menerima manfaat bansos tersebut.

“Target Kemensos kan 9 juta yang akan disalurkan dalam 5 hari ini 8,3 juta. Sedangkan yang 700 ribu remote area setelah lebaran terealisasi. Dana kita hitung tidak masalah,” ujarnya.

Muhadjir memastikan persoalan data yang selama ini menjadi biang kerok pelaksanaan bantuan sosial di lapangan sudah selesai dan final. Pemerintah berharap seluruh bantuan bisa diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bahkan kata Muhadjir, pemerintah juga bekerjasama dengan PT Pos Indonesia untuk ikut menyalurkan bantuan tersebut agar benar-benar terdistribusi dengan baik kepada masyarakat.

“Delivery system, PT POS siap menyalurkan dan tidak libur lebaran. Kerja keras mengejar target 8,3 juta dari 9 juta calon KPM dapat bansos. BLT Desa juga sama, terutama daerah yang terdampak langsung Covid-19,” katanya. []

Pos terkait