KH. Masduki Baidlowi: Meski Zona Hijau, Sebaiknya Salat Id di Rumah

  • Whatsapp
cak duki
KH Masduki Baidowi.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com Juru Bicara Wakil Presiden (Wapres) KH. Masduki Baidlowi mengimbau masyarakat agar menjalankan ibadah Salat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah masing-masing.

Masyarakat disarankan tidak berkumpul beramai-ramai menjalankan salat Id di masjid maupun lapangan. Sayangnya, masih ada sejumlah wilayah yang tak mematuhinya. Masih ngeyel tetap akan menjalankan Salat Id bersama di masjid. 

Bacaan Lainnya

KH. Masduki Baidlowi pun mengingatkan, masyarakat agar berpartisipasi untuk mencegah sekaligus memutus penyebaran Covid-19 dengan mengikuti aturan pemerintah.

Cak Duki, sapaan KH. Masduki Baidlowi, menegaskan, sangat jelas ada fatwa yang mestinya diikuti umat Islam di Indonesia.

“Seorang muslim yang baik itu sebaiknya mengikuti fatwa yang sudah dikemukakan baik oleh Majelis Ulama Indonesia atau Nahdlatul Ulama, atau Muhammadiyah, yang menyatakan sebaiknya Salat Id di rumah,” ujar Cak Duki dalam keterangannya, Jumat (22/5/2020).

Cak Duki mengingatkan, masih ada bahaya Corona di Indonesia saat ini. Cak Duki juga menyampaikan kaidah fikih yang menyebutkan, mendahulukan untuk mencegah bahaya itu lebih penting. 

Menurutnya, beribadah di tempat tertentu itu memang bagian dari kesalehan. Tetapi jika ada bahaya yang mengancam, tentu bisa melakukan di tempat lain, seperti di rumah. 

“Itu lebih bagus dan harus didahulukan. Sekarang kan yang terancam jiwa. Dalam inti ajaran agama, menjaga jiwa, menyelamatkan kematian dari bahaya itu lebih utama. Fatwa-fatwa dasarnya itu,” terangnya.

Menaati pemerintah, kata Cak Duki, hukumnya wajib selama tidak mengajak kepada keburukan atau kemungkaran.

Cak Duki juga mengingatkan, masyarakat tetap harus waspada meski tempat tinggalnya berada di zona hijau. Yakni dengan tetap Salat Id di rumah masing-masing. Sebab, orang tanpa gejala (OTG) yang belum menjalani tes covid-19 masih banyak. Artinya social distancing, physical distancing dan menghindari keramaian serta berkumpul dalam jumlah banyak masih perlu dilakukan semua orang di zona manapun. (FMM)

Pos terkait