Deteksi Penyebaran Covid-19, BIN Terus Gelar Swab Test di Jabodetabek

  • Whatsapp
swab
Covid-19 test.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com Sebagai salah satu upaya untuk membantu pemerintah mendeteksi penyebaran Covid-19, Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggencarkan gerakan tes cairan tenggorokan alias swab test.

Aksi proaktif lembaga intelijen Indonesia itu dilakukan di wilayah yang menjadi episentrum penyebaran Covid-19, yakni di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Staf Khusus Kepala BIN, Mayjen TNI (purn) Neno Hamriono, bahwa pihaknya akan terus melakukan gerakan proaktif tersebut, bahkan termasuk juga wilayah penyangga yang menjadi akses transit carrier virus yang menyerang sistem pernafasan manusia itu.

“Tim kita berputar di wilayah Jakarta dan juga wilayah penyangga khususnya seperti Depok, Bogor dan Banten,” kata Neno dalam keterangan persnya, Sabtu (23/5/2020).

Apa yang dilakukan BIN tersebut, Neno mengatakan bahwa ini sudah sesuai dengan arahan dari Kepala BIN, Jenderal Polisi (purn) Budi Gunawan.

Ia juga melaporkan bahwa timnya sudah memeriksa setidaknya 300 orang pada hari Jumat (22/5) kemarin. Lokasi pemeriksaan dilakukan di Giant Tole Iskandar, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat.

Selain itu, Neno juga menyampaikan bahwa saat melakukan tes tersebut, BIN sendiri telah menyediakan 500 test kit Rapid Test dan mengerahkan dua unit mobil laboratorium untuk tes swab yang mampu mengetahui hasilnya selama lima jam. Hasilnya menunjukkan 25 orang dari 300 warga yang menjalani pemeriksaan dinyatakan reaktif terhadap COVID-19 sehingga dilanjutkan tes swab.

Terakhir, Neno menyatakan bahwa Badan Intelijen Negara akan terus membantu pemerintah daerah untuk mendalami dan menelusuri potensi klaster baru di zona merah yang tercatat memiliki tingkat penyebaran COVID-19 tinggi. []

Pos terkait