Jusuf Kalla Ajak Salat Id di Rumah dan Jangan Mudik

  • Whatsapp
pak JK
Ketua Umum PMI, Muhammad Jusuf Kalla.

Inisiatifnews.com Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla mengajak semua umat Islam untuk melakukan ibadah di hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah di rumah masing-masing, bukan di masjid atau lapangan terbuka.

“Kita cukup melaksanakan ibadah atau salat idul fitri di rumah masing-masing, tidak di lapangan. Tetap semua melaksanakan ibadah tapi secara terbatas,” kata Jusuf Kalla, Sabtu (23/5/2020).

Bacaan Lainnya

Apalagi di dalam ajaran Islam, tidak boleh seseorang mengancam keselamatan diri sendiri apalagi mengancam keselamatan orang lain.

“Karena kita semua umat beragama meyakini bahwa kita tidak boleh menciderai diri dan juga menciderai orang lain,” tuturnya.

Selain itu, mantan Wakil Presiden Indonesia tersebut juga menyinggung tentang mudik lebaran. Bagi Jusuf Kalla, sebaiknya masyarakat tidak mudik karena situasi wabah Covid-19 masih berlangsung.

“Mudik cukup dengan virtual, menyampaikan pesan-pesan,” ujarnya.

Ia pun menegaskan bahwa larangan mudik tidak berarti pemerintah dan otoritas terkait menghalangi silaturrahmi. Hanya saja demi menjaga kemaslahatan bersama yang lebih luas, tokoh nasional yang karib disapa Pak JK itu mengatakan, bahwa silaturrahmi kepada sesama saudara dan sanak famili masih bisa berlangsung, hanya saja yang ditunda sementara ada saling jabat tangannya saja.

“Yang hilang sebenarnya cuma jabat tangan, karena semua bisa bertatap muka dengan bapak dan ibu dan semua keluarga bisa bertatap muka, kita bisa makan bersama walau berjauhan,” paparnya.

Ikhtiar dan pengorbanan besar ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh bangsa Indonesia secara disiplin agar kehidupan ke depan bisa kembali normal.

“Setelah kita berusaha sehingga kita bisa menyelesaikan Covid ini, maka kita bisa hidup normal kembali seperti biasa,” tmbuhnya. [NOE]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait