Imam Masjid Istiqlal: Mudik di Tengah Pandemi Bikin Resah Kampung Halaman

  • Whatsapp
nasaruddin umar
Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nasaruddin Umar.
PHP Dev Cloud Hosting

Inisiatifnews.com – Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Nasaruddin Umar mengimbau masyarakat tidak mudik Lebaran tahun ini. Karena tengah terjadi pandemi Corona Covid-19.

Kata Prof. Nasaruddin, setiap orang yang pulang kampung bakalan membebani keluarga. Seperti dikucilkan masyarakat karena warga di kampung halaman khawatir tertular virus corona yang dibawa dari zona merah. Mudik juga bisa merusak kerukunan antar tetangga.

Bacaan Lainnya

“Jangan menambah beban orang tua kita di kampung. Sudah hidup rukun di kampung,” kata Prof. Nasaruddin saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (23/5).

Karena kehadiran pemudik dari zona merah, tetangga di kampung halaman jadi saling curiga. Bahkan orang tua kita di kampung halaman bisa-bisa dikucilin.

“Kehadiran kita membuat orang tua kita itu dikucilkan. Misalnya saat kembali ke Jakarta, orang tua di rumah bisa terus dikucilkan. Apalagi kalau ada yang sakit,” kata dia.

Prof. Nasaruddin mengajak silaturahim saat Hari Raya Idul Fitri dilalukan secara online. Juga untuk takbiran, ia meminta masyarakat memanfaatkan fasilitas digital mengikuti takbir Idul Fitri. “Silahturahim online banyak caranya, ada takbir online, takbiran digital juga,” ujarnya. (INI)

Pos terkait