Pelaporan Muannas Alaidid Tak Ada Kaitannya dengan PSI

  • Whatsapp
rian ernest psi
Rian Ernest Tanudjaja.

Inisiatifnews.com – Juru bicara bidang Hukum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest Tanudjaja Cichosz menyampaikan bahwa langkah hukum yang diambil salah satu kadernya yakni Muannas Alaidid terhadap jurnalis Geotimes Farid Gaban tidak ada kaitannya sama sekali dengan partai.

Ia mengatakan bahwa langkah hukum tersebut diambil Muannas dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Cyber Indonesia, bukan sebagai kader parpol.

Bacaan Lainnya

“Somasi yang beliau lakukan kepada Farid Gaban adalah atas nama Ketum Cyber Indonesia. Bukan atas nama PSI atau parpol apapun,” kata Rian Ernest, Selasa (26/5/2020).

Apa yang dilakukan Muannas adalah tanggungjawab pribadi. Sementara sikap PSI sebagai partai politik hanya sekedar menghormati saja apapun yang dilakukan oleh kadernya selama tidak menggunakan atribut partai.

“Sebagai institusi politik, PSI menghormati pandangan dan langkah pribadi kader, sepanjang tidak menggunakan atribut partai dan masih sesuai dalam koridor hukum,” ujarnya.

Apa yang dilakukan Muannas adalah bagian dari kebebasan berekspresi dan berpendapat dalam koridor demokrasi di Indonesia.

“PSI selalu mendukung kebebasan berekspresi dan berpendapat sebagai kemewahan berdemokrasi,” tutur Rian Ernest.

Bahkan PSI sebagai parpol sangat menekankan pentingnya kebijaksanaan dalam bersosial media, salah satunya adalah dengan tidak membuat apalagi menyebar konten negatif yang berisi hoaks, fitnah dan lain sebagainya.

“PSI juga menekankan pentingnya penggunaan media sosial secara bertanggungjawab dengan tidak menyebar hoaks, fitnah, serta tuduhan tersembunyi yang melahirkan disinformasi di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Terakhir, Rian Ernest mempersilahkan kepada para awak media agar menanyakan secara langsung tentang persoalan Muannas Alaidid dengan Farid Gaban kepada yang bersangkutan, bukan kepada partai.

“Silakan rekan-rekan media langsung bertanya atau konfirmasi terkait dengan somasi tersebut langsung kepada yang bersangkutan,” tutupnya. []


Pos terkait