AJI Harap Muannas Alaidid Cabut Laporan Polisi ke Farid Gaban

  • Whatsapp
abdul manan
Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan.

Inisiatifnews.com Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Abdul Manan menilai bahwa apa yang disampaikan oleh jurnalis senior yakni Farid Gaban masih aman dan berada di dalam koridor kritik dan bagian dari kebebasan berekspresi warga negara yang dilindungi oleh undang-undang.

“Kami menilai apa yang disampaikan Farid adalah bagian dari hak publik menyampaikan kritik kepada pemerintah dan salah satu wujud kebebasan berekspresi yang itu dijamin konstitusi kita, khususnya dalam Pasal 28E (UUD 1945),” kata Manan dalam siaran persnya, Jumat (29/5/2020).

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, ia pun mengharapkan agar Muannas Alaidid selaku pelapor untuk mencabut laporannya di Polda Metro Jaya.

“Mendesak Muannas Alaidid mencabut pelaporan terhadap Farid Gaban. Kami menilai apa yang disampaikan Farid masih dalam batas menyampaikan pendapat, kritik, atas kerjasama yang dilakukan oleh Kementerian UKM Teten Masduki,” ujarnya.

Bahkan Manan pun mempertanyakan, standing position Muannas Alaidid dalam pelaporan tersebut. Sementara menurutnya, Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan UKM yang dikritik tidak mempermasalahkan Farid Gaban, termasuk membantah keterlibatan Teten dengan upaya Muannas Alaidid tersebut.

“Menteri UKM juga menilai apa yang disampaikan Farid sebagai kritik, dan itu menimbulkan pertanyaan soal siapa yang sebenarnya hendak diwakili oleh pelaporan ini sementara orang yang dikritik justru tak mempersoalkannya,” terangnya.

Perlu diketahui, bahwa Ketua Umum Cyber Indonesia, Habib Muannas Alaidid melaporkan penanggung jawab Geotimes, Farid Gaban karena dianggap menyebarkan berita hoaks terkait kerjasama Kementerian Koperasi UKM dengan marketplace Blibli.com untuk penjaringan pelaku usaha UMKM.

Laporan Muannas sudah diterima oleh Polda Metro Jaya dengan nomor LP/3.001/V/YAN 2.5./2020/SPKT PMJ tanggal 27 Mei 2020. [RED]

Pos terkait