Presiden CLS Luruskan Tujuan Agenda Diskusi Soal Pemberhentian Presiden

  • Whatsapp
Aditya Hilmawan
Foto Aditya Hilmawan, Mahasiswa Fakultas Hukum UGM. [foto : https://instagram.com/adityul]

Inisiatifnews.com – Presiden Constitutional Law Society (CLS), Aditya Halimawan menjelaskan mengapa pihaknya menggelar diskusi yang berjudul “Meluruskan Persoalan Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan” dan telah dinyatakan batal itu.

Aditya menjelaskan, bahwa diskusi ilmiah itu untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang panasnya isu wacana pemakzulan seseorang sebagai Presiden di tengah pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Didasarkan pada adanya dinamika yang terjadi di masyarakat mengenai munculnya wacana pemberhentian Presiden karena dianggap gagal menangani Covid-19,” kata Aditya dalam siaran persnya, Sabtu (30/5/2020).

Karena dasar itu, CLS pun berinisiatif untuk mengadakan kegiatan diskusi tersebut untuk membahas dari perspektif hukum tata negara mengenai mekanisme pemberhentian presiden dan atau wakil presiden, serta berusaha untuk meluruskan persepsi publik mengenai pemberhentian presiden dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Dimana rujukan regulasinya, adalah materi konstitusional seperti di dalam Pasal 7A, Pasal 7B, Pasal 24C UUD NRI Tahun 1945.

Dan untuk mempertajam dan membuat diskusi tersebut lebih absah dan berbobot, maka pihaknya pun melibatkan Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII) Prof Ni’matul Huda sebagai narasumber utamanya.

“Maka dari itu, kami menghadirkan akademisi yang ahli di bidangnya dengan harapan dapat memberikan gambaran dan pemahaman kepada masyarakat luas, serta meluruskan persepsi publik mengenai pemberhentian Presiden dalam sistem ketatanegaraan Indonesia,” jelas Mahasiswa Fakultas Hukum UGM tersebut.

Namun sayangnya, belum juga agenda diskusi dimulai, pihaknya justru mendapatkan teror dan intimidasi dari pihak-pihak yang tak bertanggungjawab.

“CLS sangat menyayangkan adanya pihak-pihak yang memberikan intimidasi dan teror kepada panitia, moderator, dan pembicara atas diskusi tersebut,” tegasnya. [NOE]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait