Pilkada 2020 Tak Seperti Biasanya

  • Whatsapp
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi
Anggota Komisioner KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Inisiatifnews.com Anggota Komisioner KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyampaikan bahwa pelaksanaan pilkada serentak 2020 akan berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya.

Hal ini lantaran pelaksanaan Pilkada 2020 berada di tengah situasi pandemi Covid-19, di mana protokol kesehatan sangat ketat diterapkan oleh pemerintah.

Bacaan Lainnya

‚ÄúDengan adanya wabah Covid-19, penyelenggaraan sedikit berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya,” kata Wiarsa, Jumat (5/6/2020).

Ia menyebut bahwa proses politik tetap perlu dijalankan agar roda pemerintahan tetap berlangsung dengan baik. Sementara untuk memilih kepala daerah, kedaulatannya ada di tangan rakyat.

“Bagaimanapun kedaulatan rakyat tetap dilaksanakan dengan pertimbangan untuk menuju pemilu di 2024,” ujarnya.

Kemudian, komisioner KPU pengganti Wahyu Setiawan yang dipenjara karena dugaan kasus tindak pidana suap itu menyatakan, bahwa protokol kesehatan akan diberlakukan dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

“Demokrasi tetap berjalan dengan protokol keselamatan dan kesehatan rakyat tetap terjaga,” terang Wiarsa.

Salah satu langkah yang akan ditempuh adalah dengan pemaksimalan teknologi informasi. Dan seluruh persiapan yang matang atas penyelenggaraan Pilkada akan dituangkan di dalam aturan khusus.

“Pemanfaatan IT akan didorong untuk membantu keberlangsungan pilkada di tahun 2020. KPU sebagai penyelenggara akan fokus pada penyelenggaraannya dan saat ini kami sedang mempersiapkan rancangan Peraturan KPU-nya,” tutupnya. [NOE]

Pos terkait