Polemik ANAK NKRI vs PDIP, Hikam Harap Polisi Ambil Inisiatif

  • Whatsapp
Hikam
Muhammad AS Hikam.

Inisiatifnews.com Pengamat politik dari President University, Muhammad AS Hikam menilai bahwa konflik yang terjadi antara Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK NKRI) dengan PDIP tidak akan kemana-mana.

Hal ini dinilai Hikam lantaran kedua belah pihak hanya sekedar memainkan manuver wacana semata.

Bacaan Lainnya

“Menurut hemat saya ada beberapa skenario. Salah satunya tidak akan terjadi apapun, karena baik respon PDIP dan ANAK-NKRI adalah sekedar manuver wacana dan kontra-wacana tentang insiden pembakaran bendera,” kata Hikam, Jumat (26/6/2020).

Hal ini terjadi ketika Polri sebagai institusi penegak hukum bisa inisiatif mengambil langkah untuk mengentaskan dan meredam konflik antar kedua kubu ini.

Karena ia memprediksikan, ketika tidak ada upaya untuk menghentikan kedua belah pihak, maka polemiknya bisa bergerak menjadi konflik politik.

“Manuver wacana dan kontra-wacana ini akan menggelinding dan tak berhenti pada pertarungan kata-kata, namun berimbas pada aksi-aksi yang bernuansa politik,” ujarnya.

Hal ini disebabkan karena kedua pihak yg berseteru menganggap insiden pembakaran bendera adalah sebuah pintu masuk bagi perjuangan politik yang sangat substansial.

Apalagi, dampak negatif selanjutnya juga bisa mengarah ke konflik ideologis.

“Dampaknya sudah jelas; bukan saja kegaduhan di ranah wacana publik, tetapi bisa juga mewujud dalam konflik politik dan sosial serta ideologi,” paparnya.

Oleh karena itu, Hikam mengharapkan agar aparat penegak hukum dalam hal ini Polri busa turun gunung untuk meminimalisir polemik yang lebih parah lagi.

“Namun bisa diredam syukur-syukur terjadi resolusi konflik, karena keterlibatan aparat hukum yang aktif mengambil inisiatif,” tuturnya. [NOE]

Pos terkait