PT Anugrah Duta Sejati, Pengembang Apartemen Metro Galaxy Park Bekasi Hadapi Proses PKPU

  • Whatsapp
images 40

Inisiatifnews.com – Permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terhadap PT Anugrah Duta Sejati yang merupakan pengembang Apartemen Metro Galaxy Park Bekasi, akhirnya dikabulkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Dengan adanya putusan yang mengabulkan permohonan yang diajukan konsumennya, PT Anugrah Duta Sejati diberi kesempatan serta harus merestrukturisasi seluruh utangnya kepada kreditur melalui pengadilan.

Bacaan Lainnya

Salah satu Tim Pengurus PKPU, Budhi Prasetyo membenarkan hal tersebut. Budhi menyampaikan, putusan perkara permohonan PKPU PT Anugrah Duta Sejati yang terdaftar dengan nomor perkara : 119/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN.Niaga.Jkt.Pst telah diucapkan oleh majelis hakim pada tanggal 17 Juni 2020.

Meskipun dalam status PKPU, PT Anugrah Duta Sejati tetap dapat menjalankan operasional perusahaannya. Namun sesuai ketentuan UU Kepailitan dan PKPU, hal-hal yang menyangkut tindakan pengurusan dan kepemilikan harta kekayaan perusahaan harus mendapat persetujuan dari Tim Pengurus PKPU.

“Hal ini salah satunya tentu untuk melindungi kepentingan para kreditornya,” ujar Budhi.

Tim Pengurus PKPU lainnya, Irfan Indrabayu dan Putri Kurniati menyampaikan, kaitannya dengan restrukturisasi utang tersebut, tergantung pada suara para kreditornya saat voting perdamaian.

Tim Pengurus PKPU mengimbau agar seluruh kreditor mendaftarkan tagihannya ke kantor Tim Pengurus PKPU sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Mengingat para kreditorlah nanti yang akan menentukan arah proses PKPU ini akan berujung damai atau menjadi pailit.

“Ini kan sebenarnya forumnya debitor dan kreditor, kami Tim Pengurus sifatnya memfasilitasi dan harus berdiri di tengah-tengah. Akhir dari proses PKPU ini ada di tangan debitor dan kreditor, namun demikian rencana perdamaian yang diajukan oleh PT Anugrah Duta Sejati juga harus rasional, dan proses ini juga harus dijalankan secara baik oleh semua pihak,” terang Irfan. (INI)

Pos terkait