Tetap Lanjutkan RUU HIP dan Omnibus Law, AS Hikam: DPR Mbidheg

  • Whatsapp
AS Hikam
Muhammad AS Hikam.

Inisiatifnews.com – Pengamat Politik dari President University, Muhammad AS Hikam menilai, bahwa lembaga legislatif DPR perlu direformasi.

Pasalnya, meski desakan masyarakat sipil bertubi-tubi untuk tak membahas sejumlah Rancangan Undang-Undang, namun gelagatnya, DPR cenderung “tutup kuping” atau pura-pura tuli alias mbidheg.

Bacaan Lainnya

“Kelompok-kelompok masyarakat sipil demo anti RUU HIP dan Omnibus Law. DPR mbidheg tetap akan bahas. Pertanyaannya, apakah ini mengharuskan terjadinya reformasi terhadap DPR?” ujar A.S Hikam dalam keterangannya kepada Inisiatifnews.com, Sabtu (18/7/2020).

Diingatkannya, dinamika politik ini jelas hanya akan merugikan Pemerintah Presiden Jokowi karena akan terus terganggu dan tak akan bisa bekerja dengan lancar serta tenang.

Lebih jauh, sambung Menristek era Presiden Gus Dur ini menyatakan, para “penumpang gelap” akan memanfaatkan situasi chaos, yang tercipta karena tidak sensitifnya DPR dan partai politik.

Ditegaskannya, DPR sangat perlu untuk dikecam karena langkah-langkah yang dungu seperti itu. Dan aparat mesti siaga dengan kemungkinan yang lebih jauh dari dinamika ini.

“Ini juga berpotensi menggancam keamanan nasional. Apalagi dalam kondisi pandemi Virus Covid-19 saat ini,” ingat Hikam. (MFM)

Pos terkait