Kunker ke Papua dan Ambon, Mahfud MD Pantau Kondisi Keamanan

  • Whatsapp
Mahfud MD
Foto : Istimewa

Inisiatifnews.com Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD tengah melakukan serangkaian kunjungan kerja ke wilayah Timur Indonesia. Setelah menyambangi Nusa Tenggara Barat, Selasa (22/7), Mahfud langsung terbang ke Papua dan melanjutkan kunjungannya ke Ambon.

Di Timika, Papua, Mahfud berdialog dengan Satgas yang berasal dari TNI, Polri dan BIN, Rabu (23/7). Hadir dalam dialog tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kasum TNI Letjen Joni Supriyanto dan Wakapolri Komjen (Pol) Gatot Eddy Pramono, dan sejumlah pejabat negara dan aparat daerah setempat.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Mahfud salah satunya untuk mengapresiasi aparat yang telah memelihara keamanan, ketertiban dan kesatuan NKRI di Bumi Cenderawasih.

Menko Mahfud pun meminta aparat yang bertugas di Papua tak mudah terpancing provokasi yang dilakukan sejumlah pihak sehingga melakukan tindakan yang berlebihan. Apalagi sampai melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

“Saya tahu tugas saudara-saudara berat, tapi pesan saya, bertindaklah secara hati-hati. Jangan terpancing melakukan tindakan yang bisa dinilai melanggar HAM. Kita jaga negeri ini dengan sepenuh hati dan tidak terprovokasi oleh pihak lain,” lanjut dia,” pesan Mahfud MD.

Aparat kemanaan, kata Mahfud, harus mengedepankan pendekatan hukum dalam menjalankan tugasnya. Diakuinya, tugas pemerintah, termasuk TNI dan Polri, termasuk BIN, saat ini, cukup berat. Sebab, selain mempertahankan keamanan negara, TNI dan Polri juga harus membantu penanganan wabah virus Covid-19.

“Selain itu, ada tiga tantangan yang kita hadapi. Di wilayah barat ada persoalan intervensi asing di laut Natuna Utara. Di belahan timur seperti di Papua sini, ada persoalan gangguan keamanan berupa kriminal bersenjata,” tambahnya.

Selain itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut, di wilayah tengah yang tersebar di berbagai daerah, ada ancaman terhadap keutuhan ideologi, yang antara lain berbentuk gerakan-gerakan radikal.

Mengenai pembangunan di Papua, Mahfud pun menyakinkan, pemerintah pusat sedang menyiapkan Instruksi Presiden (Inpres) yang lebih komprehensif. Dalam Inpres ini, kendali akan berada di tangan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) agar pembangunan Papua lebih terpadu dan komprefensif dalam satu komando, serta menekankan pendekatan kesejahteraan.

Terbang Ke Ambon

Melanjutkan kunkernya, Menko Mahfud bersama Mendgari terbang ke Kota Ambon, Kamis (23/7). Selain Mahfud dan Tito, nampak Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Jhoni Sopriyanto, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono dan Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono, dan sejumlah rombongan lainnya.

Rombongan naik pesawat Boeing AU 737/A-7305 dengan pilot Mayor Pnb Hakim tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon, Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, sekitar pukul 10.48 Wit, Kamis (23/7/2020).

Saat mendarat, Menko Polhukam dan Mendagri disambut Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Forkopimda Maluku lainnya. Usai pesawat parkir di Apron VIP Room Pemda Bandara, rombongan pejabat beristirahat sejenak di ruang utama VIP room Pemda, dan pukul 11.27 WIT, menteri beserta rombongan menuju Rumah Makan Apong Desa Wayame.

Dari Apong, rombongan Menko Polhukam menuju Kantor Gubernur Maluku. Tiba di Kantor Gubernur, Menko Polhukam dan rombongan disambut Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Sekda Maluku, Kasrul Selang. (MFF)

Pos terkait