Mahfud MD : Jangan Ragukan TNI Soal HAM

  • Whatsapp
IMG 20200729 WA0055
Menko Polhukam, Mahfud MD bersama Korps Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan, pada hari Rabu 29 Juli 2020.

Inisiatifnews.comMenko Polhukam, Prof Mohmmad Mahfud MD menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia, agar tak perlu lagi menyangsikan keberpihakan militer Indonesia tentang hak asasi manusia (HAM).

“Jangan lagi ada kecurigaan bahwa misalnya militer (tidak berpihak pada) hak asasi,” kata Mahfud MD saat mengunjungi Markas Korps Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (29/7/2020).

Bacaan Lainnya

Hal ini dikatakan Mahfud, lantaran seluruh TNI mendapatkan pembekalan terhadap bagaimana penindakan yang dilakukan oleh TNI dalam mempertahankan keamanan negara tetap mengedepankan hak asasi manusia. Bahkan dalam kesehariannya, mereka juga dibekali buku saku tentang hal itu.

“Semua militer di sini dibekali buku saku perlindungan hak asasi, bagaimana caranya bertindak agar tidak melanggar hak asasi, bagaimana sebuh kasus teror yang sesudah ditangani dalam batas yang diberikan oleh UU dilanjutkan dengan penegakan hukum demi perlindungan hak asasi,” ujarnya.

Kepada para pasukan korps Marinir TNI Angkatan Laur, Mahfud juga kagum dan memiliki prasangka baik bahwa Indonesia akan tetap kuat dengan keberadaan mereka.

“Korps Marinir sebagai bagian dari pasukan atau satuan elite di lingkungan Angkatan Laut, dan saya menjadi berbesar hati bahwa kita punya potensi yang luar biasa di bidang pertahanan terutama kemampuan teknik di dalam pertahanan, kemudian juga di dalam peralatan yang cukup memadahi,” ucapnya.

Apalagi semangat yang luar biasa yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut itu pun menjadi trigger pemerintah bagaimana Indonesia akan tetap utuh.

“Dan yang penting dari itu adalah semangat. Semangat berjuang untuk kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diraih kemerdekaanya dengan susah payah dan kita tinggal mewarisi dengan menikmatinya secara sangat enak saat ini,” imbuhnya.

Sekalipun bangsa Indonesia diwarisi oleh kemerdekaan dari para pejuang pendahulu, Mahfud MD pun mengingatkan kepada seluruh stakeholder yang ada untuk tetap merawat kemerdekaan dengan penuh tanggungjawab di bidang masing-masing.

“Tanggungjawab kita seluruh anak bangsa bagaimana menjaga kemerdekaan ini, menjaga kedaulatan negara, kemudian juga memakmurkannya dan memajukannya berdasar fungsi masing-masing,” tandasnya. [NOE]

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait