Gus Im Wafat, Mahfud MD : Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un

  • Whatsapp
IMG 20200705 WA0008
Menko Polhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian saat salat sunnah sebelum Salat Jumat di Masjid Agung Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/7) lalu.

Inisiatifnews.com Kabar duka menyelimuti keluarga besar Nahdlatul Ulama khususnya keluarga almarhum Gus Dur. Pasalnya, KH Hasyim Wahid alias Gus Im yang merupakan putra dari KH Wahid Hasyim meninggal dunia.

Kabar duka ini juga membuat Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersedih. Ia pun langsung menyampaikan rasa dukanya atas wafatnya adik kandung dari Gus Dur tersebut.

Bacaan Lainnya

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Sangat beduka atas wafatnya KH Hasyim Wahid (Gus Iim), adinda KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur),” kata Mahfud MD hari ini, Sabtu (1/8/2020).

Ia pun berdoa agar almarhum mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan ditempatkan di tempat yang mulia di akhirat kelak.

“Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan memberikan surga kepada almarhum. Allahumma ighfir lahu warhamhu wa afihi wa’fu anhu,” ucapnya.

gus im kh hasyim wahid

Selai itu, Menteri Pertahanan era Presiden KH Abdurrahman Wahid itu menilai bahwa Gus Im adalah sosok yang memiliki wawasan yang sangat luas di berbagai sektor, baik itu di sektor sosial hingga keagamaan. Walaupun kata Mahfud, nama Gus Im tidak secemerlang sang kakak di kalangan masyarakat luas.

“Almarhum Hasyim Wahid (Gus Iim), meski tidak seterkenal Gus Dur, adalah adik bungsu Gus Dur yang juga berwawasan luas dalam masalah-masalah sosial, politik, dan keagamaan. Bahkan juga fasih berbicara tentang pembangunan ekonomi,” kenangnya.

Gus Im wafat subuh tadi sekitar pukul 04.18 WIB di RS Mayapada, Jakarta. Ia menghembuskan nafas terakhirnya lantaran faktor kesehatan yakni gagal ginjal. Tercatat, Gus Im adalah Mustasyar PBNU periode 2015-2020.

Rencananya, jenazah akan disemayamkan di Rumah Ciganjur dan akan dimakamkan di komplek Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur. [NOE]

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait