KH Hasyim Wahid Wafat

AS Hikam Sebut Gus Im Partner yang Asyik

  • Whatsapp
hikam
Muhammad AS Hikam. [foto : exclusive]

Inisiatifnews.com – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Muhammad AS Hikam mengenang sosok KH Hasyim Wahid yang notabane adalah adik bungsu dari almarhum Gus Dur.

Menurut Hikam, sosok Gus Im adalah sosok sahabat yang ia cintai, bahkan merupakan guru dari berbagai ilmu dan guyonan alias humor.

Bacaan Lainnya

“Almarhum adalah salah seorang sahabat saya tercinta, salah seorang mentor dalam ilmu dan humor, salah seorang guru dalam memahami dinamika masyarakat,” kata Hikam dalam kutipannya yang diterima Inisiatifnews.com, Sabtu (1/8/2020).

Kemudian, Gus Im di mata Hikam juga merupakan sosok pejuang demokrasi yang selalu setia mendampingi Gus Dur saat masih hidup dahulu.

“Seorang pejuang demokratisasi yang selalu menemani almaghfurlah Gus Dur, yang notabene adalah kakanda tertua almarhum,” ujarnya.

Bahkan kata Hikam, Gus Im adalah sosok mitra kerja yang sangat baik dan teman debat yang tepat, hal ini karena keluasan wawasan almarhum Gus Im baik di bidang demokrasi, tentang seluk beluk Nahdlatul Ulama (NU) dan perkembangannya, politik global bahkan terkait dengan persoalan musik sekalipun.

“Gus Im akan selalu saya kenang sebagai partner yang mengasyikkan dalam debat tentang segala hal ; demokrasi, musik, ke-NU-an, politik global dan lain-lain,” terangnya.

gus im kh hasyim wahid

Sikap Gus Im yang baik terhadap dirinya pun sama seperti Gus Dur baik kepadanya. Hal ini kata Hikam tercurah di dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2013 silam.

“Seperti juga almaghfurlah GD (Gus Dur -red), almarhum Gus Im sangat perhatian kepada saya sejak kenal pertama. Gus Im bahkan berkenan memberi kata pengantar buku saya tentang almaghfurlah Gus Dur pada 2013, ‘Gus Durku, Gus Dur Anda, Gus Dur Kita’,” ucapnya.

Atas wafatnya Gus Im pada hari ini, Sabtu 1 Agustus 2020 tersebut, Hikam merasa sangat kehilangan. Ia pun memanjatkan doa agar almarhum meninggal dalam keadaan yang sangat baik.

“Inna lillahi wa inna ilaihi Roji’un. Insya Allah husnul khotimah. Amiin, Alfatihah,” tutupnya. [NOE]

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pos terkait