KPAI Harap Covid Diselesaikan Dulu Sebelum Sekolah Dibuka

  • Whatsapp
Rita Pranawati
Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati.

Inisiatifnews.com – Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Rita Pranawati meminta kepada pemerintah untuk menuntaskan terlebih dahulu persoalan pandemi COVID-19 sebelum kembali membukan kegiatan belajar mengajar (KBM) di Sekolah.

Pasalnya, ia menilai bahwa persoalan kesehatan adalah hal yang sangat utama diselesaikan oleh pemerintah.

Bacaan Lainnya

“Jadi kalau kita kepentingannya keselamatan anak, kesehatan anak itu nomor satu,” kata Rita dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (3/8/2020).

Dan untuk KBM bisa dilakukan di zona yang sudah dinyatakan secara resmi oleh otoritas terkait sebagai zona hijau atau zona aman. Sementara bagi zona oranye apalagi merah sampai hitam, agar jangan sekali-kali membuka aktivitas KBM secara tatap muka di sekolah.

“Kita ntar dulu, jangan tergesa-gesa buka sekolah. Selesaikan dulu urusan COVID-nya,” tuturnya.

Selain itu, Rita juga meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memikirkan dan memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar secara daring tidak harus sama dengan KBM di sekolah secara langsung tatap muka, karena jelas kondisinya sangat berbeda sekali. Dan ini yang dinilai Rita menjadi pekerjaan rumah (PR) besar Kementerian yang saat ini dipimpin oleh Nadiem Anwar Makarim itu.

“Kemudian atur manajemen pembelajaran dari rumah dengan baik, utamanya di Kemendikbud. Bagaimana Kemendikbud mengatur ini BDR (belajar dari rumah) itu, nggak bisa sama kurikulumnya sama dengan tatap muka kan, itu yang harus dikejar,” tandasnya. [RED]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait