Jimly Sarankan Pemerintah Dengarkan KAMI, Tak Usah Undang ke Istana

  • Whatsapp
jimly
Ketum ICMI, Jimly Asshiddiqie.

Inisiatifnews.com Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie menyarankan agar pemerintah maupun Presiden Joko Widodo bersedia mendengarkna saja apa yang menjadi suara hati kelompok Koalisi Aksi Menyelamatakan Indonesia (KAMI) yang diinisiasi oleh Din Syamsuddin dan Ahmad Yani itu.

“Yang penting ada pejabat yang inisiatif untuk dengar pendapat mereka. Kan banyak menteri saling kenal dengan tokoh-tokoh yang berkumpul tersebut,” kata Jimly, Kamis (6/8/2020).

Bacaan Lainnya

Hanya saja ia tak menyarankan pemerintah memanggil mereka untuk berdiskusi secara langsung. Hal ini untuk menghindari jatuhnya marwah politik pemerintah ketika justru ajakan untuk bertemu itu tidak sejalan dengan mereka.

“Saya juga ditanya, apa perlu Presiden undang ke istana. Saya jawab tidak usah, nanti mereka tolak bagaimana. Yang pnting dengar dulu,” jelas Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) itu.

Perlu diketahui, bahwa sejumlah tokoh aktivis, akademisi hingga tokoh agama berkumupul di sebuah rumah makan di Jl Fatmawati, Jakarta Selatan untuk mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

Beberapa tokoh yang hadir antara lain M.S. Ka’ban, Syahganda Nainggolan, Anthony Kurniawan, Prof Rohmat Wahab, Ahmad Yani, Adhie M. Massardie, Jumhur Hidayat, Ichsanudin Noorsy, Hatta Taliwang, Marwan Batubara, Edwin Sukowati, Joko Ehie Abdurrahman, Habib Muhsin Alatas, Tamsil Linrung, Eko Suryo Santjojo, Chusnul Mariyah, Din Syamsuddin, Rocky Gerung, Refly Harun, Said Didu dan masih banyak yang lainnya.

Namun Din Syamsuddin yang ikut hadir mengatakan di dalam deklarasinya, bahwa koalisi ini bukan bagian dari gerakan politik praktis kekuasaan. Ia juga menegaskan organisasi ini sama sekali tidak ingin memakzulkan atau memberhentikan seseorang atau sebuah rezim.

Mantan Ketua MUI Pusat dan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu menegaskan, bahwa KAMI adalah hanya sebuah gerakan moral yang akan mengkaji berbagai permasalahan yang terjadi di Indonesia dan kemudian akan menawarkan solusinya. [NOE]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait