Pemberian Penghargaan ke Fadli Zon dan Fahri Hamzah Sesuai Aturan

319269807
Fahri Hamzah dan Fadli Zon saat masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan penghargaan kepada beberapa tokoh nasional, beberapa diantaranya adalah Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

“Dalam rangka HUT Proklamasi RI ke 75, 2020, Presiden RI akan memberikan bintang tanda jasa kepada beberapa tokoh dalam berbagai bidang,” kata Mahfud MD, Senin (10/8/2020).

Bacaan Lainnya

“Fahri Hamzah dan Fadli Zon akan mendapat Bintang Mahaputra Nararya,” imbuhnya.

Ia berharap penghargaan itu bisa menjadi pendorong kepada para penerima termasuk Fadli Zon dan Fahri Hamzah agar terus menyalurkan kontribusinya kepada kemajuan bangsa dan negara.

“Teruslah berjuang untuk kebaikan rakyat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Mantan Menteri Pertahanan dan sekaligus mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga mengatakan, bahwa pemberian penghargaan kepada Waketum DPP Partai Gerindra dan Waketum DPP Partai Gelora itu sudah sesuai dengan aturan yang ada. Di mana regulasi yang menaunginya adalah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

“Pemberian bintang Mahaputra kepada Fadli Zon dan Fahri Hamzah adalah sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terang Mahfud.

“Mantan ketua atau wakil ketua lembaga negara, mantan menteri dan yang setingkat mendapat bintang jasa seperti itu jika selesai tugas dalam satu periode jabatan,” sambungnya.

Bahkan kata Mahfud, pemberian penghargaan tersebut tidak kali ini terjadi, sebelumnya juga ada orang-orang yang mendapatkan penghargaan serupa.

“Bahkan sebelum ada masalah hukum, mantan pejabat seperti Irman Gusman, Surya Darma Ali, Jero Wacik, dll sudah dianugerahi bintang tersebut. Pemerintah tidak boleh tidak memberikan tanpa alasan hukum. Jika bintang jasa tidak diberikan terhadap orang kritis berarti pemerintah mempolitisasi hak orang secara unfair,” tandasnya.

Kemudian, Mahfud juga mengatakan bahwa selain Fadli Zon tersebut, ada beberapa tokoh lainnya yang juga mendapatkan penghargaan serupa pada bulan Agustus ini. Termasuk di antaranya adalah mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius, mantan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Yang mendapat bintang Mahaputra pada Agustus ini ada banyak. Ada Hatta Ali, Faruk Mohammad, Suhardi Alius, dll,” jelasnya.

Penghargaan dari Presiden Jokowi tersebut juga akan diberikan kepada para tenaga medis Indonesia yang telah gugur karena berjuang menangani COVID-19.

“Ada juga bintang jasa kepada 22 tenaga medis yang gugur karena menangani Covid-19. Ada Bintang Pelopor, Penegak Demokrasi, dll,” ucapnya.

Bahkan Mahfud memberikan bocoran, bahwa bulan November nanti kemungkinan besar akan ada gelar Pahlawan yang dirilis oleh negara.

“Bulan November bisa ada gelar Pahlawan. Semua ada Undang-Undangnya,” tutup Mahfud. [NOE]

Pos terkait