Aktivis 98 : Musuh Kita Ormas Anti Pancasila

  • Whatsapp
IMG 20200812 135713 scaled
Aktivis 1998, Eko Octa.

Inisiatifnews.com – Aktivis 1998, Eko Octa menilai bahwa saat ini Indonesia juga tengah dihadapkan dengan ancaman kelompok atau ormas yang menentang Pancasila sebagai falsafah bangsa.

“Musuh kita saat ini adalah ormas anti pancasila dan otak di belakangnya adalah kelompok oligarki dari orba,” kata Eko dalam pertemuan dan konsolidasi nasional jaringan aktivis penggerak 98 di Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020).

Bacaan Lainnya

Walaupun sudah ada Undang-Undang Ormas, ia menyebut bahwa regulasi tersebut seperti tidak terlalu memiliki taring yang tajam untuk membasmi ormas-ormas semacam itu.

“Ironisnya sudah ada perppu ormas dan jadi UU, tapi belum bisa menggigit dan untuk mengeksekusi ormas-ormas yang anti Pancasila,” ujarnya.

Kelompok anti Pancasila itu kata Eko, sering kali menuding kelompok-kelompok masyarakat berbeda dengan agama mereka dengan sebutan PKI. Padahal sampai saat ini pun, tudingan semacam itu tidak pernah sampai bisa dibuktikan secara faktual.

“Menguatnya kelompok-kelompok radikal dan siap mem-PKI-kan kelompok atau orang lain yang tidak sepaham dengan agama dan ajarannya. Sampai sekarang yang disebut-sebut PKI belum ada yang terbukti. Tapi ada grand design ada aktor intelektual untuk melemahkan kelompok-kelompok reformis,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia pun mendorong para aktivis 98 yang dulu memiliki gigi tajam untuk menjatuhkan rezim otoriter orde baru untuk membuktikan taringnya lagi.

“Kalau dulu kita berani lawan dan turunkan Soeharto, sekarang kita harus berani libas ormas anti Pancasila,” tutupnya. [RED]

Pos terkait