Dapat Tanda Kehormatan dari Presiden

Fadli Zon: Ini Penghargaan Bagi Rakyat & Demokrasi

  • Whatsapp
20200813 130435

Inisiatifnews.com – Mantan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara hari ini.

Fadli Zon adalah salah satu dari puluhan tokoh yang dapat penghargaan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia. Penyerahan penghargaan disiarkan langsung dari Istana Negara, Kamis (13/8).

Bacaan Lainnya

Fadli menyatakan, Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya yang diterimanya adalah penghargaan untuk rakyat.

Sebab, penghargaannya ini diterimanya karena pernah menjabat Wakil Ketua DPR pada periode lalu, 2014-2019.

“Tentu penghargaan ini adalah penghargaan kepada rakyat dari kepala negara, dari Presiden. Sebab kita sama-sama menjaga demokrasi,” ujar Fadli Zon setelah menerima penghargaan di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Fadli Zon berterimakasih kepada presiden. Ia juga menegaskan kembali, penghargaan yang diterimanya sejatinya ditujukan untuk rakyat sekaligus untuk kemajuan demokrasi.

“Jadi kami ucapkan terima kasih atas pengakuan terhadap demokrasi. Artinya berbagai perbedaan itu sebenarnya potensi kita untuk maju dan tetap kuat melakukan check and balances,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Untuk mengingatkan, Fadli Zon saat memimpin parlemen periode lalu, kerap melontarkan kritik pedas dan tajam kepada pemerintahan di bawah Presiden Jokowi.

Tanda Kehormatan adalah penghargaan negara yang diberikan presiden kepada seseorang, kesatuan, institusi pemerintah, atau organisasi atas darma bakti dan kesetiaan yang luar biasa terhadap bangsa dan negara.

Sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010, Tanda kehormatan dibagi menjadi tiga jenis yaitu Bintang, Satyalancana, dan Samkaryanugraha. Bintang Mahaputera merupakan Tanda Kehormatan tertinggi setelah Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia.

Selain Fadli, mantan koleganya di parlemen Fahri Hamzah, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) serta 22 tenaga medis yang gugur saat menangani virus Corona (COVID-19) juga diberi bintang jasa.

Berikut penerima tanda jasa Bintang Mahaputera, Bintang Jasa, dan Bintang Penegak Demokrasi:

1. Ahwil Luhtan, Komjen Purn Kalakhar mewakili 1 orang lainnya, dianugerahi Tanda Jasa Medali Kepeloporan

2. H Oesman Sapta Odang, Ketua DPR RI Tahun 2017-2019, dianugerahi Tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama

3. M Hatta Ali, Ketua MA Tahun 2012-2020, dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama

4. Mahyudin, Wakil Ketua MPR RI 2014-2019, mewakili 6 orang lainnya dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya

5. Amzulian Rifai, Ketua Ombudsman RI Tahun 2016-2021, mewakili 8 orang lainnya, dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama

6. Jimly Asshiddiqie, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Tahun 2012-2017 dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama

7. Almarhum Bartolomeus Bayu Satrio, mewakili 9 orang lainnya, dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama

8. Almarhumah Mulatsi Widji Astuti, Letkol Laut Purn, mewakili 21 orang lainnya dianugerahi Tanda Kehormatan Bintang Jasa Nararya.

(INI)

Pos terkait