Indonesia Bisa Berumur Panjang Karena Persatuan dan Kesatuan

  • Whatsapp
Jazilul Fawaid
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid.

Inisiatifnews.com – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Jazilul Fawaid mengajak kepada seluruh stakeholder bangsa Indonesia untuk bersama-sama mensyukuri anugerah umur panjang bangsa keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, berkah umur panjang ini tidak bisa lepas sendiri, melainkan karena ditopang oleh rakyat yang lebih mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, sekalipun masyarakatnya terdiri sangat heterogen yakni terdiri dari beragam suku, agama, dan bahasa.

Bacaan Lainnya

Jazilul berharap seluruh rakyat mensyukuri kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia karena tanpa kemerdekaan, Indonesia tidak bisa menjadi bangsa yang besar dan dihormati bangsa yang lain.

“Meskipun rakyat terdiri dari berbagai suku, agama, bahasa, dan tersebar di ribuan pulau dari Sabang sampai Merauke, dari Talaud hingga Rote namun mereka tetap mengedepankan Indonesia,” kata Jazilul dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Hal itu menurut dia harus dipertahankan dan dirawat sehingga MPR terus melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, di seluruh penjuru nusantara.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai, apabila rakyat sudah mengedepankan dan mengorbangkan jiwa raga kepada bangsa dan negara, maka pemerintah juga harus serius mewujudkan cita-cita leluhur para pendiri bangsa seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

“Pemerintah harus mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia,” ujarnya.

Karena itu dirinya mendorong agar pemerintah memperhatikan kehidupan masyarakat di berbagai tempat yang ada, dan potensi-potensi yang ada di masyarakat terutama yang berada di wilayah pedesaan, daerah kepulauan, dan pesisir, perlu diseriusi dan dikembangkan.

Menurutnya, selama ini masyarakat di wilayah pedesaan, daerah kepulauan, dan pesisir kurang mendapat sentuhan padahal potensi di wilayah tersebut sangat melimpah. []

Pos terkait