HUT 75 RI, Raja Jogja Ajak Tingkatkan Nasionalisme

  • Whatsapp
IMG 20200815 232859
Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Inisiatifnews.com – Indonesia akan memasuki usia ke 75 tahun, tepatnya tanggal 17 Agustus 2020 nanti. Namun di Hari Ulang Tahun (HUT) tersebut, Indonesia tampaknya masih harus dirundung kesedihan lantaran pandemi COVID-19 masih belum usai.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini maka kesadaran nasionalisme dan semangat kebangsaan adalah hal yang sangat penting.

Bacaan Lainnya

Menurut Raja Keraton Jogja tersebut, sebuah kesadaran akan nasionalisme harus semakin kuat untuk menghadapi situasi saat ini. Semangat nasionalisme dan kebangsaan harus terus dijaga dan bersama-sama dalam menghadapi kondisi ini.

“Justru kesadaran kita untuk nasionalisme, kebangsaan itu jadi sangat penting. Semangat untuk itu mestinya harus kita jaga,” kata Sri Sultan HB X di Kantor Gubernur DIY, Komplek Kepatihan Yogyakarta, Sabtu (15/8/2020).

Memperingati kemerdekaan Indonesia ini, perbedaan pendapat dalam bernegara dan berbangsa harusnya bukan menjadi penghalang. Namun, harusnya menjadi penguat untuk menghadapi situasi pandemi yang melanda dunia saat ini. Perbedaan, menurut Raja Keraton Yogyakarta ini adalah merupakan sunatulloh, karena Tuhan memang menciptakan berbeda-beda.

“Berbeda-beda itu sunatulloh, memang Tuhan menciptakan berbeda-beda. Jadi jangan ada yang merasa paling benar sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan adanya kemeriahan perayaan HUT ke-75 RI di tengah pandmei ini, Sri Sultan HB X menyatakan tidak melarangnya. Namun, perayaan HUT RI kali ini harus dilakasanakan dengan mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker dan cuci tangan.

“Protokol kesehatan itu penting, mau merayakan silahkan, asal protokol kesehatan dilakukan,” punkasnya. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait