Uki Kecewa, Para Menteri bidang Perekonomian Foto Bareng Abaikan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
IMG 20200823 235422
Para menteri di Kabinet Indonesia Maju foto bersama usai melakukan rapat koordinasi tingkat menteri 2020 di Bali.

Inisiatifnews.com – Mantan juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek Prayudi mengaku sangat kecewa dengan penampakan foto bersama jajaran Kementerian koordinator bidang Perekonomian yang usai rapat di Bali.

Di mana di dalam foto tersebut, para petinggi negara tersebut mengabaikan protokol kesehatan, baik soal penggunaan masker maupun jaga jarak aman (physical distancing).

Bacaan Lainnya

“Atas beredarnya foto ini, pemerintah mestinya malu dengan tidak singkronnya perilaku birokrat di dalam pemerintahan dengan himbauan pemerintah sendiri,” kata pria yang karib disapa Uki itu, Minggu (23/8/2020).

Ia pun memperingatkan kepada jajaran pejabat negara itu agar tidak menyalahkan beredarnya foto bersama yang mengabaikan protokol kesehatan, sebagai bagian dari standar pencegahan penularan Covid-19 oleh pemerintah maupun organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Jangan salahkan beredarnya foto, tapi salahkan perilaku!,” tegasnya.

Di sisi lain, kekecewaanya itu juga diutarakan Uki mengingat, dirinya yang merupakan salah satu influencer yang kerap sekali mengampanyekan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat, seperti dihabisi dengan penampakan foto para pejabat negara itu.

“Lu gila apa, gw capek-capek dicibir temen-teman tongkrongan karena paling ngotot supaya mereka patuh protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah, sedangkan aparat dan birokrat pemerintah aja lalai. Bikin senewen,” ucapnya.

Perlu diketahui, bahwa beredar foto beberapa jajaran birokrat dan pejabat menteri di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian tengah melakukan sesi foto bersama. Dengan santai, mereka tampak mengabaikan protokol kesehatan yakni tidak mengenakan masker dan tidak ada jaga jarak.

Tampak di dalam foto antara lain ; Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Surachman Tjokrodisurjo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan A Djalil, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan beberapa jajaran lainnya.

Walaupun terpantau dalam agenda konferensi pers, mereka semua mengenakan masker.

Hanya saja, Uki tetap memberikan sindiran keras, bahwa persoalan protokol kesehatan harus bisa dilaksanakan para pejabat negara agar bisa menjadi contoh bagi rakyat lainnya.

“Bahwa masih ada foto tanpa masker yang beredar, itu menandakan mereka memang harus terus pakai masker sebagai pejabat publik,” tandasnya.

“Pejabat publik jangan pernah merasa tidak diawasi apalagi dilihat sebagai contoh perilaku disiplin prokes, karena mereka sendiri yang buat dan menerapkan aturan,” tutup Uki. [RED]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait