Rencana Pembukaan Bioskop di DKI Jakarta

M. Taufik: Pastikan Protokol Kesehatan Berjalan Ketat

  • Whatsapp
m taufik
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik. [net]

Inisiatifnews.com – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik menyarankan Pemprov DKI Jakarta mempertimbangkan dengan matang rencana pembukaan bioskop di tengah pandemi Corona Covid-19 yang belum melandai.

“Apalagi penonton ada di dalam ruangan tertutup lebih dari satu jam. Risiko penularan tinggi,” imbau M. Taufik dalam keterangannya, Rabu (26/8).

Bacaan Lainnya

Jika benar-benar akan diperbolehkan beroperasi di tengah kasus Covid-19 yang kian meningkat, Taufik mengingatkan, pengelola bioskop harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Pastikan pembatasan dengan 50 persen kapasitas, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengukur suhu. Selain itu, terpenting, sistemnya dibikin agar tak ada kontak fisik satu dengan yang lain.

“Minimalkan kontak antar orang. Misalkan dengan meniadakan pembelian karcis langsung. Bisa membeli melalui online. Perketat protoko kesehatan,” tandasnya.

Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, Ahmad Idris kembali menagih kebijakan rem darurat yang pernah dijanjikan Anies. “PSI menagih janji untuk menarik rem darurat ketika keadaan bahaya angka positivity rate di atas 10 persen,” sebut dia.

Ditegaskannya, kebijakan PSBB transisi yang diterapkan tidak efektif menghentikan laju pandemi.

“Justru bertambah klaster penularan di tempat umum seperti perkantoran dan pasar yang kemudian menyebar dan menular lebih luas. Ditambah klaster bioskop nanti jika jadi diperbolehkan operasi. Segera ambil opsi rem darurat,” pintanya.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, pembukaan kembali bioskop akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun, Anies belum menyebut kapan tepatnya bioskop kembali beroperasi.

Pihaknya telah menyiapkan regulasi lengkap soal pembukaan kembali bioskop ini. Para pelaku usaha dan pengelola bioskop juga telah bersiap menerapkan protokol kesehatan ketat di bioskop.

“Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detil dan adanya pengawasan yang ketat,” ujar Anies dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) di kanal Youtube, Rabu (26/8).


Pos terkait