Sugeng Waras Duga Ada Problem Gunung Es di Balik Penyerangan Mapolsek Ciracas

  • Whatsapp
Sugeng Waras
Kolonel (purn) Sugeng Waras. [foto : Inisiatifnews]

Inisiatifnews.com – Purnawirawan TNI Angkatan Darat, Kolonel (purn) Sugeng Waras mengkhawatirkan jika kasus penyerangan Mapolsek Ciracas pada hari Sabtu (29/8) dini hari lalu adalah gumpalan problem gunung es yang tengah meledak.

“Perlu waspada apa yang terjadi dalam peristiwa penyerangan Polsek Ciracas hanya merupakan puncak gunung es yang nampak di atas permukaan, namun sangat mungkin yang di dalam permukaan sewaktu waktu bisa muncul lebih luas dan lebih dahsyat,” kata Sugeng kepada Inisiatifnews.com, Selasa (2/9/2020).

Bacaan Lainnya

Problem ini disebut Sugeng lantaran posisi hirarkis TNI yang dinilai tidak langsung di bahwa komando Presiden, melainkan di bawah Kementerian Pertahanan (Men Han), berbeda dengan posisi hirarkis Polri yang langsung di bawah Presiden. Menurut Sugeng, kondisi ini wajar menjadi kecemburuan tersendiri.

“Tanpa mengabaikan peransi masing masing, ironisnya terjadi salah sistim, di mana Polri di bawah kendali langsung Presiden, sedangkan TNI hanya di bawah kendali pembinaan Men Han,” ujarnya.

Oleh karena itu, Sugeng pun berharap pemerintah di bawah komando Presiden Joko Widodo bersedia melakukan pembenahan sistem TNI dan Polri, sehingga kekhawatiran adanya kecemburuan antar institusi, serta dalam rangka menghindarkan dari insiden perusahan Mapolsek Ciracas dan sejenisnya di kemudian.

“Jadi, pemerintah harus menata kembali sistem dan struktur organisasi TNI dan Polri ini,” tuturnya.

Terakhir, Kolonel (purn) Sugeng juga mengingatkan kepada para petinggi dan pimpinan TNI maupun Polri, agar mawas diri terhadap perkembangan teknologi informasi seperti saat ini. Di mana kecepatan akses informasi bisa sulit terkendali jika tidak diantisipasi dengan baik.

“Di samping itu, para pimpinan TNI dan Polri, perlu sadar dengan membuananya alat media sosial seperti HP, bisa menerobos sistim dan lepas kendali,” tutupnya. [RED]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait