AMSI Ajak Semua Pihak Lawan Hoaks COVID-19 dan Pilkada 2020

  • Whatsapp
Wens Manggut
Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut

Inisiatifnews.com – Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut memberikan tanggapan terkait dengan maraknya berita-berita hoaks khususnya saat pandemi covid-19 dan menjelang pelaksanaan pilkada di bulan Desember 2020.

Ia menjelaskan bahwa berita-berita hoaks akan selalu ada di peristiwa-peristiwa besar.

Bacaan Lainnya

“Seperti peristiwa pandemi covid-19 dan Pilkada nih kan, hoaksnya banyak, beda kalau peristiwa-peristiwa yang kecil, itu nggak ada hoaksnya” kata Wens dalam keterangannya, Sabtu (5/9/2020).

Ia pun meminta kepada para media untuk secara masif mendeteksi dan melawan hoaks tersebut. Apalagi mereka yang masih menjunjung tinggi kredibilitasnya.

“Ini dikarenakan media yang punya jaringan sampai ke daerah-daerah,” imbuhnya.

Di sisi lain, ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih cerdas dalam menerima dan mengonsumsi informasi yang ada. Setidaknya utamakan untuk mengakses informasi dari sumber yang resmi.

“Ini masyarakat harus diedukasi, keadaan pandemi begini, media online jadi rujukan masyarakat. Jadi masyarakat juga harus diedukasi untuk menggunakan media sosial dengan benar,” tuturnya.

Selain itu, Wens juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk bertindak tegas terhadap media yang mengunggah informasi hoaks, khususnya di sosial media.

“UU ITE ini hanya mengatur pengguna media sosial tapi perusahaan yang memiliki media sosial itu tidak diberikan sanksi atau tanggung jawab terkait penyebaran hoax di media sosial,” jelasnya.

Pos terkait