Ketua KPU Sebut 37 Bakal Calon Kepala Daerah Positif Covid-19

Arief Budiman
Ketua KPU, Arief Budiman.

Inisiatifnews.com – Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menyampaikan bahwa pihaknya telah menemukan sebanyak 37 orang bakal calon yang mendaftar di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang dinyatakan positif Covid-19.

Arief mengatakan, bahwa angka ini didapat dari hasil pemutakhiran sementara data terkait proses pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB hari Minggu (6/9).

Bacaan Lainnya

“Data sementara yang berhasil dihimpun hingga pukul 24.00 WIB dari KPU Provinsi, KPU Kabupaten/kota, yang dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan swab testnya, sebanyak 37 calon,” kata Arief di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Ia mempertegas bahwa 37 itu bukan jumlah pasangan calon, melainkan per individu.

“Bukan basangan calon ya, artinya 37 orang,” tegasnya.

Arief menyampaikan bahwa data tersebut didapatkan dari 21 Provinsi yang telah terkumpul datanya di KPU Pusat. Dia menyebut, data ini bisa saja berubah mengingat masih ada KPUD yang belum menyerahkan data terkait proses pendaftaran.

“Ini kami kumpulkan dari 21 provinsi. Karena hingga pukul 24.00 masih ada provinsi yang masih mengerjakan. Jadi 37 dari 21 provinsi yang sudah masuk laporannya,” ujar mantan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur itu.

Baca Juga: 37 Bakal Calon Kepala Daerah Dinyatakan Positif Covid-19

Sebelumnya, Arief juga menyampaikan bahwa, berdasarkan data yang dihimpun hingga pukul 24.00 WIB, Senin (7/9/2020), sebanyak 687 Bapaslon yang telah diterima pendaftarannya.

“Jumlah bakal pasangan calon yang diterima pendaftarannya berdasarkan data yang dihimpun melalui sistem informasi pencalonan hingga pukul 24.00 sebanyak 687 bakal pasangan calon,” tutur dia. []

Pos terkait