Pengamat Harap DKI Tegas Saat Terapkan PSBB, Jangan Banyak Gimik

  • Whatsapp
Stanislaus Riyanta
Stanislaus Riyanta

Inisiatifnews.com – Pengamat intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta sepakat dengan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan yang akan memberlakukan PSBB pada hari Senin 14 September 2020 besok.

“Saya memang setuju dengan keputusan Gubernur DKI untuk menjalankan PSBB total mulai 14 September 2020,” kata Stanislaus, Kamis (10/9/2020).

Bacaan Lainnya

Hanya saja ia memberikan catatan penting kepada Pemprov DKI Jakarta sebelum benar-benar menerapkan kebijakan tersebut.

Catatan pertama adalah bagaimana membuat masyarakat patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Yakni dengan menegakkan aturan yang ketat.

“Tegakkan disiplin masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, jika perlu pendisiplinan maka dapat dapat meminta bantuan TNI dan Polri,” ujarnya.

Kemudian, Stanislaus juga meminta agar Pemprov DKI Jakarta memperhatikan pula kebutuhan pokok masyarakat khususnya mereka yang terdampak dari kebijakan tersebut.

“Sektor ekonomi dan kebutuhan dasar hidup masyarakat seperti sembako diperhatikan,” lanjutnya.

Di sisi lain, ia pun meminta kepada Pemprov DKI Jakarta melakukan upaya sporadis untuk menerapkan kebijakan tersebut. Karena tujuannya adalah mengatasi jumlah kasus COVID-19 yang sedang meningkat, serta menangkal potensi penularannya semakin masif.

“Konsisten PSBB total, larang kegiatan CFD, unjuk rasa, dan keramaian lainnya, siapapun pelakunya termasuk dari kelompok politik,” tuturnya.

Terakhir, Stanislaus Riyanta meminta agar Pemprov DKI Jakarta bekerja on the track, tidak membuat lips service semata untuk melakukan retorika tertentu.

“Tidak perlu melakukan gimik seperti pertunjukkan peti mati, fokus saja pada penegakan disiplin. Jika ada yang melanggar, hukum dengan denda,” tutupnya.

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait