Ini Reaksi Para Tokoh Usai Syekh Ali Jaber Ditusuk di Lampung

  • Whatsapp
IMG 20200914 054254
Syekh Ali Jaber saat menjalani perawatan usai ditusuk di bahu kanannya oleh pria di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung.

Inisiatifnews.com – Kasus penusukan Syekh Ali Jaber saat mengisi tausiyah dalam acara Wisuda Tahfidz Perdana TPQ di Rumah Tahfidz Falahuddin, Lampung, menyisakan pilu bagi banyak kalangan. Para tokoh nasional pun langsung bereaksi.

Salah satunya adalah Gubernur Jawa Barat, Muhammad Ridwan Kamil. Ia menilai bahwa sosok Syekh Ali Jaber adalah ulama yang sangat santun.

Bacaan Lainnya

“Doa saya untuk Syekh Ali Jaber, ulama yang dikenal sangat lembut dan santun, semoga lekas pulih dan sehat,” kata Ridwan Kamil, Minggu (13/9/2020).

Ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memuliakan Ulama, dan tetap mengedepankan upaya apapun agar tidak menyebarkan benih kekerasan.

“Mari selalu muliakan dan lindungi para ulama kita. Semoga Indonesia dijauhkan dari benih-benih perpecahan dan kekerasan. Aamiin,” tutupnya.

Selain Ridwan Kamil, sikap lainnya juga disampaikan oleh anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Fadli Zon. Ia menilai bahwa aksi pemuda yang menusuk Syekh Ali Jaber tersebut adalah perilaku yang sangat dikutuk.

“Sangat terkutuk penyerangan terhadap Syaikh Ali Jaber, apalagi di dalam masjid ketika jamaah sdg ibadah,” kata Fadli.

Ia pun meminta kepada aparat Kepolisian untuk mengungkap betul siapa pelaku, motif dan perkembangan informasi lainnya.

“Harus diselidiki tuntas, baik motif maupun latar belakangnya. Aksi tunggal atau ada kelompok yang berperan. Mudah-mudahan bukan karena doktrin Islamophobia yang sering dihembuskan,” tutupnya.

Senada dengan Fadli Zon, mantan rekan seperjuangannya di DPR RI yakni Fahri Hamzah juga menyampaikan hal serupa. Ia meminta agar Polri membongkar seluruh kemungkinan yang terjadi dalam peristiwa tersebut.

“Yang Terhormat Mabes Polri, @DivHumas_Polri. Penikaman Syaikh Ali Jaber adalah momen penting untuk membuka terang apa sebetulnya yg membuat peristiwa seperti ini berulang?. Apakah ini prilaku wajar? Apakah tuduhan orang gila kepada pelaku itu wajar? Apapun, ini harus dibuka lebar,” tuntut Fahri.

Selanjutnya, politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli juga menyampaikan hal serupa. Ia meminta agar aparat perwajib mengungkap betul apa yang menjadi motif dari pelaku penyerangan terhadap Syekh Ali Jaber itu.

“Mengutuk keras tindakan kriminal ini, semoga Syekh Ali Jaber cepat pulih dan pelakunya yang sudah ditangkap dihukum seberat-beratnya. Ungkap motifnya,” tegas Guntur Romli.

Kemudian, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga meminta kepada Polri untuk segera mengungkap motif dan jaringan yang mungkin ada di balik kasus penusukan Syekh Ali Jaber di kawasan Masjid Falahuddin, Bandar Lampung itu.

“Aparat keamanan Lampung supaya segera mengumumkan identitas pelaku, dugaan motif tindakan dan menjamin bahwa proses hukum akan dilaksanakan secara adil dan terbuka,” tegas Mahfud. [NOE]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait