Saat Covid-19, KPK Diminta Pelototi Distribusi Dana Bansos di Daerah

  • Whatsapp
IMG 20200922

Inisiatifnews.com – Ketua Aliansi Peduli Indonesia, Rahman mengatakan bahwa pemerintah harus benar-benar memperhatikan kondisi bangsa Indonesia khususnya di tengah situasi COVID-19.

“Dalam kepemimpinan Bapak Joko Widodo pada periode keduanya harus bisa melepaskan bangsa dan negara Indonesia dari musibah COVID-19 ini, tentunya permasalahan ini akan menentukan apakah seorang pemimpin mampu membawa rakyatnya untuk keluar dari permasalahan keuangan dan perekonomian dan pembangunan yang merata atau tidak,” kata Rahman kepada wartawan, Selasa (22/9/2020).

Bacaan Lainnya

Salah satu yang diminta Rahman adalah bagaimana agar bantuan rakyat dari negara melalui tangan pemerintah bisa tepat sasaran. Karena saat ini pemerintah Indonesia juga tengah gencar melakukan stimulus ekonomi dan memberikan bantuan langsung dan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat agar tetap bisa bertahan hidup.

“Hal yang pertama dilakukan adalah bagaimana ekonomi dapat berjalan dengan lancar dan memperhatikan alokasi dana bantuan yang disalurkan untuk sampai pada titik yang dituju,” ujarnya.

Untuk memastikan itu, perlu ada ketegasan pemerintah dalam melakukan pengawasan, serta melakukan tindakan hukum ketika ada penyelewengan penyaluran dana bantuan sosial itu.

“Sentral fokus Bapak Presiden yaitu tentang ekonomi dan kesehatan. Maka hal yang pertama dilakukan adalah bagaimana ekonomi dapat berjalan dengan lancar dan memperhatikan alokasi dana bantuan yang disalurkan untuk sampai pada titik yang dituju,” tuturnya.

Rahman juga mengharapkan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga memelototi proyek penyaluran bantuan sosial tersebut.

“Celah yang sering terjadi akan adanya korupsi adalah anggaran dan pagu yang ditetapkan. Serta pengaktualisasian proyek atau tender pengadaan yang diajukan oleh para pimpinan pusat, daerah sampai kepada desa,” tandasnya.

“Maka untuk penanggulan dalam memberantas korupsi sangat mudah yaitu dengan memperhatikan titik yang menjadi celah tersebut,” imbuhnya.

Rahman menyatakan bahwa pihaknya sangat menaruh harapan besar kepada pemerintah dan lembaga penegak hukum di Indonesia, khususnya KPK agar bertindak melakukan pengawasan hingga penegakan hukum.

“Kami sangat percaya dan sangat yakin kepada Firli Bahuri sebagai pimpinan KPK yang akan mampu membawa Indonesia menuju masa keemasan dan membawa marwah KPK tetap menjadi kepercayaan seluruh masyarakat Indonesia sebagai lembaga yang independen dan dapat mengembalikan uang negara yang sudah dirampas,” tutupnya. [RED]

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait