Soal Tayangan Film G30S/PKI, Mahfud MD : Silahkan Saja

  • Whatsapp
mahfud md
Menko Polhukam, Mahfud MD.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, bahwa persoalan ditayangkannya film G30S/PKI, pemerintah tidak berada di dalam posisi mewajibkan atau melarang.

“Pemerintah tidak melarang ataupun mewajibkan untuk nonton film G30S/PKI,” kata Mahfud, Minggu (27/9/2020).

Bacaan Lainnya

“Kalau pakai istilah hukum Islam, mubah,” imbuhnya.

Mahfud juga mempersilahkan ketika ada stasiun televisi menayangkan film tersebut. Sekalipun televisi plat merah yakni TVRI. Dan pemerintah tidak dalam konteks mewajibkan atau melarangnya, karena itu menjadi domain para pemegang hak siar masing-masing.

“Silakan saja. Untuk TV-TV termasuk TVRI mau tayang atau tidak,” ujarnya.

“Juga tergantung kontraknya dengan pemegang hak siar sesuai pertimbangan rating dan iklannya sendiri-sendiri,” tutupnya.

Perlu diketahui, bahwa kelompok elite politik dari Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) yang dipimpin oleh Gatot Nurmantyo, Din Syamsuddin dan Rakhmat Wahab mendesak kepada Presiden Joko Widodo untuk mewajibkan penayangan film G30S/PKI.

“Presiden Joko Widodo sesuai kewenangan yang dimilikinya menyerukan lembaga-lembaga Pemerintah dan lembaga-lembaga penyiaran publik, khususnya TVRI, untuk menayangkan Film Pengkhianatan G 30-S/PKI dan/atau film serupa, agar rakyat Indonesia memahami noda hitam dalam sejarah kebangsaan Indonesia,” kata KAMI dalam surat terbuka mereka. []

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait