KSPI Demo di DPR, Said Iqbal : Pemanasan

  • Whatsapp
Aksi Buruh
Tampak aparat kepolisian tengah mengenakan hazmat saat mengawal aksi unjuk rasa elemen buruh di depan gedung DPR RI. [foto : Inisiatifnews]

Jakarta, Inisiatifnews.com – Hari ini ratusan massa dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI.

Saat ditanya apa yang menjadi tujuan dari aksi itu, Presiden KSPI Said Iqbal menyebut, bahwa aksi tersebut adalah aksi pemanasan menjelang aksi mogok nasional.

Bacaan Lainnya

“Aksi ini sebagai pemanasan menjelang aksi mogok nasional buruh Indonesia tanggal 6-8 Oktober 2020,” kata Iqbal kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

Ia menyebut bahwa elemen yang hadir dalam agenda unjuk rasa hari bukan hanya dari KSPI saja, melainkan ada beberapa konfederasi dan federasi juga ikut.

“Yang diikuti berbagai elemen buruh seperti FSPMI, FSP LEM, SPN, KSPI, KSPSI, dll,” ujarnya.

Lantas apa yang menjadi tuntutan utama dalam agenda aksi unjuk rasa tersebut, Iqbal yang juga Presiden FSPMI ini mengatakan, bahwa agendanya masih seputar omnibus law Cipta Kerja.

“Tuntutan aksi adalah menolak RUU Cipta Kerja. Di mana buruh menilai pembahasan omnibus law antara Panja Baleg DPR RI bersama Pemerintah masih belum sesuai harapan buruh,” tutupnya.

Dalam pantauan Inisiatifnews.com di depan gedung DPR RI, aksi dilakukan oleh sekitar 300 orang. Mereka diperintahkan oleh aparat Kepolisian agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama melakukan aksi penyampaian pendapat, antara lain tetap mengenakan masker dan menjaga jarak aman. [NOE]

Pos terkait