Menko Polhukam Sebut Protokol Kesehatan Jadi Vaksin Paling Ampuh

  • Whatsapp
IMG 20201004 WA0011
Menko Polhukam Mahfud MD memberi arahan dalam sebuah sarasehan di Ponpes Annuqayah, Guluk-guluk, Sumenep, Madura, Minggu (4/10).

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa sampai detik ini vaksin yang paling ampuh agar terhindar dari Covid-19 adalah dengan patuh menjalankan protokol kesehatan.

Dengan menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar, setidaknya masyarakat semakin terlindungi dari tertular Covid-19 yang dibawa oleh orang lain.

Bacaan Lainnya

Salah satu protokol kesehatan yang bisa diterapkan masyarakat adalah dengan menjaga jarak aman. Kondisi ini untuk menghindari droplet.

“Tapi sebelum ada vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat, ada upaya mencegah yakni melakukan protokol kesehatan. Jaga jarak, jarak antara dua meter paling tidak 1,5 meter, jangan kurang dari itu,” kata Mahfud MD dalam acara Sarasehan Ulama Dan Tokoh Masyarakat di Pondok Pesantren Annuqayah, Kelurahan Guluk-Guluk, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (4/10).

“Virus Corona terlontar dari mulut ketika dia ngomong, kalau dia (covid-19) keluar nggak sampai 1,5 meter dia udah jatuh. Oleh sebab itu jaga jarak seperti ini. Kita rewel ke Kiai A’la (pengasuh Ponpes Annuqayah -red), pokoknya kita harus jaga jarak, ini sudah bagus,” imbuh Mahfud sembari mengapresiasi pihak Ponpes Annuqayah yang menggelar acara dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kemudian, salah satu yang penting di dalam protokol kesehatan adalah menjaga kebersihan yakni dengan selalu mencuci tangan dengan sabun. Cara ini cukup ampuh melepaskan diri dari tempelan Covid-19 yang bisa jadi terbawa setelah memegang benda-benda dari luar.

“Kemudian cuci tangan pakai sabun. Karena kita pegang ini (tempat), maka virus pindah ke tangan, kemudian kita pegang ke pintu maka virus pindah ke pintu, kalau kita gosok mulut maka virus menyerang kita langsung. Virus Corona itu kayak lemak, kalau kena sabun dia luntur. Makanya kalau sempat, bawa dan pakai hand sanitizer,” tandasnya.

Selain itu, Mahfud juga menyebut bahwa langkah yang tak kalah ampuh adalah memakai masker. Dengan memakai masker, maka antar sesama bisa saling menjaga agar tidak menularkan Covid-19.

“Pakai Masker. Ini untuk menghalangi virus di kita tidak menulari orang lain, dan orang lain tidak menularkan ke kita,” pungkasnya. (INI)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait