Ketua MUI di Tanjungbalai Dijerat Pasal Berlapis

  • Whatsapp
brigjen pol awi setiyono
Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono.

Inisiatifnews.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono menyampaikan, bahwa tersangka kasus ujaran kebencian dan pelanggaran UU ITE, Sulaiman Marpaung alias SM akan dijerat dengan hukuman berlapis.

Di mana, pasal yang dikenakan adalah Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) atau Pasal 45 ayat (3) juncto Pasal 26 ayat (3) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan undang-undang nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman denda Rp 1 miliar atau penjara 6 tahun dan denda Rp 750 juta atau penjara 4 tahun.

Bacaan Lainnya

“Dengan ancaman pidana penjara 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp 1 miliar untuk Pasal 45A. Dan untuk Pasal 45 ayat (3) dengan ancaman pidana penjara 4 tahun dan atau denda Rp 750 juta,” ungkap Brigjen Pol. Awi saat dikonfirmasi, Sabtu (3/10/20).

Perlu diketahui, bahwa Sulaiman Marpaung yang merupakan Ketua MUI tingkat kecamatan di Tanjungbalai telah pengunggah kolase Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang disandingkan dengan aktor film dewasa, Shigeo Tokuda alias ‘Kakek Sugiono’.

sulaiman marpaung
Sulaiman Marpaung.

Selain itu, pihak kepolisian juga mengamankan beberapa barang bukti dari tangan pelaku yakni, 3 lembar tangkapan layar, 8 postingan dan profil akun Facebook, satu buah flashdisk berisi tangkapan layar laman postingan dan profil akun Facebook atas nama Oliver S.

Brigjen Pol Awi juga mengatakan, bahwa kasus tersebut sudah dilimpahkan dari Polres Tanjung Balai ke Bareskrim Mabes Polri untuk segera ditindaklanjuti proses hukumnya.

“Kasus selanjutnya disidik oleh Bareskrim Polri yaitu Dirtipidsiber Bareskrim Polri yang sebelumnya ditangani Polres Tanjung Balai, selanjutnya dilimpahkan ke Bareskrim Polri,” jelasnya. [RED]

Pos terkait