TGPF Intan Jaya Langsung Kerja Hari Pertama, Hari Kedua Menuju Lokasi

  • Whatsapp
IMG 20201007 WA0085
Tim TGPF Intan Jaya bersama para tokoh masyarakat dan perwakilan Pemprov Papua, Rabu (7/10).

Inisiatifnews.com – Tim Gabungan Pencari Fakta atau TGPF kasus penembakan di Intan Jaya tiba di Papua Rabu (7/10) dan langsung bekerja. Tim melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak terkait dan berdialog dengan sejumlah pihak netral.

Tim yang dibentuk oleh Menko Polhukam Mahfud MD ini tiba dalam dua rombongan. Rombongan pertama tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika, yang terdekat dengan lokasi Intan Jaya. Rombongan kedua tiba di Jayapura dalam waktu yang hampir bersamaan.

Bacaan Lainnya

Anggota tim yang tiba di Jayapura sebagian besar adalah unsur tokoh masyarakat Papua. Antara lain Constan Karma, Taha Al-Hamid, dan Michael Manufandu. Dua lainnya adalah mantan Dubes Indonesia di PBB Makarim Wibisono, dan Deputi 3 Kemenko Polhukam Sugeng Purnomo, yang juga Wakil Ketua TGPF Intan Jaya.

Mereka langsung bertemu dengan sejumlah tokoh HAM dan pegiat LSM Papua di Bandara Sentani. Kemudian sore dan malam harinya melakukan dialog dan koordinasi dengan jajaran Pemrov Papua, yakni DPRP, Kodam XVII/Cenderawasih, Kapala Kejaksaan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi, Kabinda, Kepala Biro Hukum, dan dipimpin Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Papua. Turut hadir pula perwakilan dari FKUB Papua.

Tim yang mendarat di Timika untuk menuju lokasi penembakan beranggotakan unsur yang lebih beragam. Mereka antara lain tokoh masyarakat, agama, adat, dan tokoh kampus. Selain itu, terdapat pula dari unsur Kepolisian, TNI, Badan Intelijen Negara (BIN), serta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Dari kalangan tokoh agama ada pendeta Henok Bagau yang warga asli Intan Jaya, Jhony Nelson Simanjuntak dari PGI, dan Samuel Tabuni.

Dari unsur kampus ada rektor Universitas Cendrawasih Apolo Safanpo dan Sosiolog UGM Bambang Purwoko. Dari unsur pemerintah ada Deputi Bidang Polhukam Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani. Dari LPSK ada Edwin Partogi Pasaribu, dan sejumlah tokoh kredibel lainnya.

IMG 20201007 WA0087
Tim TGPF Intan Jaya bersama para tokoh masyarakat dan perwakilan Pemprov Papua.

Sejak tiba di Timika, Tim pimpinan Benny Mamoto ini langsung menggelar rapat teknis dengan aparat setempat dan akan bergerak menghimpun informasi dari saksi-saksi.

“Kami jauh-jauh datang kesini untuk bekerja sepenuh hati agar kasus ini menjadi terang, dengan begitu Tim TGPF Intan Jaya bisa memberikan laporan dan masukan yang tepat untuk pemerintah,” ujar Benny Mamoto yang juga saat ini sebagai Ketua Kompolnas.

Dalam menjalankan aktifitas, tim ini tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Benny Mamoto dan rombongan akan bekerja selama dua minggu, terhitung sejak tanggal 1 Oktober yang lalu.

Pada hari kedua Kamis (8/10), TGPF Intan Jaya akan menuju lokasi penembakan melalui jalur udara dan darat dari Timika. (INI)

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait