Gelombang Aksi Diprediksi Hingga 28 Oktober, Mahfud MD: Silakan Demo Asal Tertib

  • Whatsapp
IMG 20201008 WA0195
Menko Polhukam Mahfud MD merespon aksi demonstrasi penolakan UU Omnibus Law Cipta Kerja yang berujung kerusuhan di berbagai daerah, di Kantornya, Kamis (8/10) malam. Mendampingi Mahfud, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Kapolri Jenderal Idham Aziz.

Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mendapat kabar bahwa aksi demo penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja akan berlangsung hingga 28 Oktober 2020 mendatang.

Gelombang unjuk rasa ini akan berlangsung berurutan oleh berbagai elemen. Mahfud bahkan dapat info tanggal-tanggalnya.

Bacaan Lainnya

“Kita punya intel, bukan cuma BIN ya. Ada Kabagintelkam, Kabaintel Kejagung, intel imigrasi. Intel kita banyak. Demo ini sudah tahu akan berlangsung kira-kira sampai 28 Oktober. Kita sudah tahu tanggal-tanggalnya,” kata Menko Mahfud di Jakarta, Jumat (16/10).

Menteri Pertanahan era Presiden Gus Dur ini pun menjamin, aparat tak akan menghalangi dan menangkapi para pendemo.

“Asalkan, para pendemo melangsungkan aksinya dengan tertib dan tak anarkis,” tandasnya.

Menko Mahfud pun memastikan pemerintah tak akan membatasi aksi demonatrasi. Aparat kepolisian pun disiapkan untuk mengawal aksi dengan tertib.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini pun menjamin, sekalipun pendemo menyampaikan aspirasi dengan sangat kritis, aparat tak akan menangkapnya.

Diingatkannya, jika sampai terjadi rusuh atau anarkis, pasti demo sudah berlangsung di luar ketentuan Undang-undang. Karenanya, dia mewanti-wanti kepada para pendemo untuk tak bikin kerusuhan.

“Kita jamin. Siapa yang punya bukti yang ditangkap kemarin yang cuman demo? Yang tak memancing kerusuhan dan tindakan kekerasan? Semuanya terlihat, terbuka dan bisa dinilai. Saya jamin tak terjadi ada-apa, polisi tak represif kalau demonya itu tertib,” pungkas Menko Mahfud. (INI)

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Pos terkait