Sebut Rochmat Wahab Putera Kiai Wahab Hasbullah, Petinggi PKS Ditertawakan Netizen

  • Whatsapp
hidayat nur wahid MPR RI
Hidayat Nur Wahid.

Inisiatifnews.com – Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid membuat mention link di NU Online yang berjudul “Mengungkap Organisasi Barisan Kiai dalam Perjuangan Kemerdekaan”.

Di sana, Hidayat Nur Wahid (HNW) menyebut bahwa Prof Rochmat Wahab yang merupakan dedengkot Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) sekaligus juga eks rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah putera KH Wahab Hasbullah, salah satu pendiri Nahdlatul Ulama.

Bacaan Lainnya

“Mengungkap Organisasi Barisan Kiai, (spt Laskar Kiai yg dipimpin olh KH Wahab HasbuLlah, ayahanda dari Prof Rahmat Wahab), dalam Perjuangan Kemerdekaan RI,” tulis HNW di akun twitternya @hnurwahid, Senin (26/10/2020).

Sontak kicauan HNW tersebut mendapatkan reaksi dari para netizen. Mereka banyak yang menertawakan kekeliruan informasi yang disampaikan oleh eks Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu.

“Sekelas orang ini kok minim literasi ya… 😁 😁 Apalagi cheer leader nya.. Hadeh.. Apa nggak googling dulu atau tanya ke asisten nya sebelum ngeshare… 😁 😁,” tulis netizen pemilik akun @aldino_jovi.

Kemudian, ada juga netizen yang menyindir bahwa HNW tidak lagi asal mengklaim seseorang dengan orang lain karena ada nama besar di dalam namanya. Seperti halnya nama Hidayat Nur Wahid, walau sama-sama ada nama belakang Wahid tidak selalu merupakan keluarga besar KH Abdurrahman Wahid (almarhum Gus Dur).

“Ini keliru @hnurwahid 😄 Prof Rahmat Wahab bukan putra Mbah Wahab Hasbullah. Hanya sama namanya saja pakai Wahab. Sama saja tidak benar kalau ada yang bilang Hidayat Nur Wahid itu saudara kandung dari KH Abdurrahman Wahid hanya karena sama2 pakai Wahid 🙏,” tulis @na_dirs.

Perlu diketahui, bahwa Prof Rochmat Wahab bukan putera KH Wahab Hasbullah seperti yang disampaikan Hidayat Nur Wahid. Di mana Prof Rochmat Wahab merupakan keturunan petani di desa Blimbing, Kesamben, Jombang, Jawa Timur.

Dan berdasarkan penelusuran lanjutan, bahwa di dalam daftar putera Kiai Wahab Hasbullah tidak ada yang namanya Rochmat Wahab. Putera Kiai Wahab Hasbullah antara lain ;

KH. M. Wahib Wahab
KH. M. Najib Wahab
KH. M. Adib Wahab
KH. M. Hasib Wahab
KH. M. Roqib Wahab
Nyai Hj. Djumiatin Musta’in
Nyai Hj. Wasifah Abdullah
Nyai Hj. Mu’tamaroh Muhammad
Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid
Nyai Hj. Chizbiyyah Rochim
Nyai Hj. Mundjidah Wahab

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait