Sumpah Pemuda 28 Oktober, Mahfud MD Ajak Jaga Kebersatuan dalam Keberagaman

  • Whatsapp
20200927 172033
Menko Polhukam Mahfud MD dalam sambutannya secara daring pada acara Rakornas Pemuda Muhammadiyah, Minggu (27/9).

 Inisiatifnews.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda tahun 2020.

Ia pun mengingatkan, Sumpah Pemuda adalah tekad untuk bersatu dalam keberagaman.

Bacaan Lainnya

“Selamat Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-92: 1928-2020. Capaian yang bernilai paling tinggi dari perjuangan bangsa Indonesia adalah sumpah dan tekad untuk bersatu dalam keberagaman (1928) yang kemudian dijalin dalam dasar dan ideologi negara: Pancasila (1945). Mari kita syukuri capaian ini,” ujar Mahfud melalui akun Twitter resminya @mohmahfudmd, Rabu (28/10/3020).

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini mengimbau seluruh generasi bangsa Indonesia saat ini harus menjaga semangat Sumpah Pemuda. Serta melanjutkan perjuangan kemerdekaan dengan pembangunan.

“Kewajiban kita adalah menjaga warisan Sumpah Pemuda dan Kemerdekaan Indonesia ini dengan melakukan pembangunan,” ajaknya.

Pembangunan yang dimaksud Mahfud adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, upaya untuk memberantas kemiskinan.

“Antara lain, dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa (pendidikan) dan memberantas kemiskinan (ekonomi) serta politik kesehatan untuk membangun kesejahteraan umum. Allahu Akbar,” sebut Mahfud.

Diterangkan Mahfud, dengan segala kekurangannya, Indonesia terus berhasil menurunkan angka kemiskinan. Pada masa kolonial hampir 100 persen masyarakat Indonesia miskin. Di akhir pemerintahan Bung Karno, berkurang menjadi sekitar 54 persen.

“Di akhir Orde Baru menjadi 18 persen. Sementara era reformasi akhir pemerintahan SBY menjadi 10,8 persen dan akhir periode I Jokowi menjadi 9,1 persen,” paparnya.

Meski demikian, Mahfud mengakui, masih banyak yang harus dibenahi.

“Setelah 92 tahun kita bersumpah untuk bersatu dalam keberbedaan dan setelah 75 Indonesia merdeka tak terbantahkan kita mengalami banyak kemajuan dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Salah satu tugas berat kita adalah menegakkan hukum dan keadilan yang harus diakui masih terseok,” pungka eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini. (MMF)

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait