Mardani Sebut Keluarga Kunci Peserta Didik Bebas Depresi Selama PJJ

  • Whatsapp
mardani ali sera
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera. [foto : Istimewa]

Inisiatifnews.com – Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan bahwa di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini, hal yang tak bisa dihindari adalah pendidikan berbasis daring.

“Selama Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) memang tidak bisa dihindari, sementara kegiatan belajar mengajar harus tetap berlangsung,” kata Mardani, Selasa (3/11/2020).

Bacaan Lainnya

Walaupun sudah berbulan-bulan sistem pendidikan daring di tengah pandemi ini berlangsung, ternyata masih banyak persoalan yang perlu diatasi.

“PJJ masih banyak catatan yang perlu diperhatikan bersama. Salah satunya, memiliki konsekuensi buruk bagi kesehatan mental siswa,” ujarnya.

Oleh karena itu, Mardani pun berharap agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menaruh perhatian penting di sini.

“Kemendikbud harus mendorong pihak sekolah beserta jajarannya secara aktif memastikan kesehatan mental siswa,” tuturnya.

Menurut anggota Komisi II DPR RI ini, ada dua faktor yang bisa mempengaruhi mental peserta didik. Yakni faktor internal dan eksternal.

“Selain dari faktor eksternal, faktor internal seperti ketahanan keluarga menjadi penting untuk memastikan siswa tidak mengalami depresi,” papar Mardani.

Mardani juga menyebut, bahwa situasi keluarga sangat berpengaruh penting terhadap mental anak sepanjang mengikuti program PJJ ini.

Sehingga menurut Mardani, penting sekali lingkungan keluarga memberikan rasa nyaman dan aman kepada mereka.

“Dimulai keluarga inti dapat menjadi sumber rasa aman dan nyaman bagi sang buah hati,” imbuhnya.

Dengan kondisi ini, Mardani yakin para peserta didik akan tenang dan tidak merasa tertekan selama proses pembelajaran jarak jauh ini.

“Dengan ketahanan keluarga yang kokoh dan selalu memancarkan kasih sayang ke seluruh anggotanya, Insya Allah para siswa siswi kita bisa terhindar dari depresi salama PJJ berlangsung,” tutupnya. [NOE]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait