Bintang Mahaputera Gatot Nurmantyo Tak Usah Ditafsirkan Pemerintah Rangkul Lawan

  • Whatsapp
gatot nurmantyo kami
Deklarator dan Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo.

Inisiatifnews.com – Presiden Joko Widodo berencana akan memberikan penghargaan Bintang Mahaputera, salah satunya ke mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai pemberian penghargaan itu tak perlu dianggap merangkul lawan politik. Karena penghargaan semacam itu biasa diberikan negara melalui pemerintah kepada mereka yang seharusnya mendapatkannya.

Bacaan Lainnya

“Pemberian bintang jasa sudah biasa diberikan kepada tokoh-tokoh yang berjasa bagi bangsa dan negara sehingga tidak perlu ditafsirkan sebagai perangkulan terhadap lawan politik,” kata anggota Komisi I DPR RI F-PPP, Syaifullah Tamliha, kepada wartawan, Selasa (3/11/2020).

Bintang Mahaputera diberikan kepada sosok yang memiliki jasa terhadap Tanah Air. Tamliha menilai ada dua tafsir publik soal pemberian penghargaan itu.

“Namun, jika betul Pak Jokowi memberikan penghargaan kepada Jenderal TNI Purnawirawan Gatot Nurmantyo, maka bisa saja publik menafsirkan dua hal,” ucapnya.

Tafsir itu yakni soal Jokowi memiliki penilaian yang proporsional. Sedangkan tafsir publik lainnya adalah soal Gatot di Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) tak dipersoalkan.

“Pertama, Presiden Jokowi bersifat obyektif terhadap kelebihan orang lain. Kedua, sikap Pak Gatot Nurmantyo termasuk sebagai deklarator KAMI tidak salah,” imbuhnya.

Presiden Jokowi disebut bakal menganugerahkan Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Selain Gatot, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat bakal mendapatkan penghargaan serupa. Simak halaman selanjutnya.

Perlu diketahui, Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan bahwa salah satu penerima penghargaan Bintang Mahaputera adalah Jenderal TNI (purn) Gatot Nurmantyo. Penghargaan itu akan diberikan antara tanggal 10 dan 11 November 2020.

Dan Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah paham terhadap pro dan kontra di kalangan masyarakat terhadap penghargaan yang diberikan pemerintah tersebut. Namun ia menegaskan bahwa itu murni diberikan karena Gatot Nurmantyo berhak mendapatkannya.

“Tapi Bintang Mahaputera itu hak Pak GN seperti juga haknya Bu Susi Pudjiastuti dll,” tutupnya. [RED]

PHP Dev Cloud Hosting

Pos terkait